PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BATAKO JUMBO UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATERI GLOBALISASI BAGI SISWA KELAS IXF SMP NEGERI 1 SAYUNG SEMESTER GENAP TAHUN 2015/2016
(1) Guru PPKn SMPN 9 Semarang
Abstract
Implementasi kurikulum 2006 meniscayakan pelaksanaan pembelajaran yang mengadopsi prinsip pembelajaran abad 21, yaitu Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation yang dikenal dengan 4C. Penerapan model pembelajaran Batako Jumbo dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IXF SMP Negeri 1 Sayung dalam mempelajari materi globalisasi semester genap tahun 2015/2016, dengan bukti adanya peningkatan dari pra siklus, siklus I sampai siklus II. Penerapan model pembelajaran Batako Jumbo juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IXF SMP Negeri 1 Sayung dalam mempelajari materi globalisasi semester genap tahun 2015/2016. Dampak yang teramati bahwa Pembelajaran Batako Jumbo meningkatkan aktivitas siswa yang semakin bermakna terutama dalam mengembangkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, komunikatif, kolaboratif, serta berfikir kritis dan pemecahan masalah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Zainal, 2015, Model-model, media
dan strategi pembelajaran Kontekstual (inovatif). Jakarta: CV Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi, 2010, Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.
Chabibah, Siti, 2012, Upaya Peningkatan
Prestasi Belajar Pendidikan
Agama Islam Dengan
Menggunakan Multimedia Pembelajaran Siswa Kelas VI Semester Genap Di SDN
Sukorejo 2 Mertoyudan Magelang, Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga.
Cholisin, 2004, Perspektif Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Kaifa. Bandung.
DBE Usaid, 2010. Pembelajaran Aktif di Sekolah dan Kunjungan Sekolah. Paket Pelatihan Pembelajaran Aktif. Jakarta.
Hanafiah dan Suhana, 2010, Konsep
Strategi Pembelajaran. Bandung:
PT Refika Aditama.
Purwanto, 2009, Evaluasi Hasil Belajar,
Surakarta: Pustaka Belajar
Ruminiati, 2007, Pengembangan
Pendidikan Kewarganegaraan SD,
Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.
Sanjaya, W., 2006, Strategi Pembelajaran.
Jakarta: Kencana Prenada Media
Group.
Sudjana, Nana, 2001, Penilaian Hasil
Proses Belajar Mengajar. Bandung:
Rosdakarya.
Suprijono, Agus, 2009,
Learning Teori
PAIKEM, Yogyakarta:
Pelajar
Tony, 2005, Buku Pintar Mind Map,
jakarta: PT Gramedia
Utama.
Usman, Moh. Uzer, 1994, Menjadi Guru
Profesional, Bandung:
Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View Integralistik Stats