UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE INVESTIGATION GROUP BAGI SISWA KELAS X. IPS 1 SMA NEGERI 1 GOMBONG
(1) Guru SMA Negeri 1 Gombong
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui metode Cooperative Learning tipe Group Investigation dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dapat: (1) meningkatkan aktifitas belajar siswa;
Â
menciptakan kondisi belajar yang interaktif dan dinamis; (3) menciptakan kebermaknaan belajar siswa, sehingga (4) meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai dengan Maret 2018, dengan subjek penelitian siswa Kelas X IPS1 SMA Negeri 1 Gombong. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam bentuk pilihan ganda dan uraian. Untuk mengetahui ketepatan dan kesahihan instrumen dilakukan uji validitas content. Analisis data berupa deskriptif komparatif, dengan membandingkan proses belajar dan hasil belajar pada kondisi awal, siklus I dan siklus II. Berdasarkan penelitian ini, bahwa dengan penggunaan metode Cooperative Learning tipe Group Investigation dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan telah menunjukkan proses dan hasil yang meningkat, yaitu : (1) dari perbandingan kondisi awal, siklus I dan siklus II diperoleh fakta adanya peningkatan keaktifan siswa dari kondisi awal 29,41 % siswa aktif, siklus I 47,06 % siswa aktif dan pada siklus II meningkat menjadi 88,24 % siswa aktif ; (2) dari pengamatan terhadap hasil belajar pada kondisi awal, siklus I dan siklus II, diperoleh fakta adanya peningkatan rata-rata hasil belajar. Pada kondisi awal rata-rata nilai hasil belajar mencapai 68,79, dan pada siklus I mencapai 76,82 sedangkan pada siklus II mencapai 86,06; (3) dari pengamatan terhadap hasil belajar pada kondisi awal, siklus I dan siklus II, diperoleh fakta adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa. Pada kondisi awal ketuntasan belajar siswa mencapai 9 siswa atau sekitar 26,47 %, dan pada siklus I mencapai 18 siswa atau sekitar 52,94 % sedangkan pada siklus II mencapai 33 siswa atau sekitar 97,05 %.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Borg, Walter R., Meredith D. Gall. 1983.
Educational Research: An
Introduction. New York &
London: Longman.
Fraenkel. 2007. Developing the Civic Society: The Role of Civic Education, Colorado: Englewood Cliffs, Inco.
Graham, Douglass.2002. Citizenship for the 21st century : An International
Perspective on Education, London: Kogan Page
NCSS, 2000. National Standards for Social Studies Teachers, Volume
Washington, DC: National Council for the Social Studies.
Winataputra, Udin Saripudin. 2012. Jati Diri Pendidikan Kewarganegaraan
sebagai Wahana Sistemik Pendidikan Demokrasi: Suatu Kajian Konseptual dalam Konteks Pendidikan IPS. Jurnal Pendidikan Program Pascasarjana, Vol. 1 Nomor 1, Februari 2012, hal. 39-75.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View Integralistik Stats