PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PPKn MELALUI PENDEKATAN ADIK SIMBA BERBASIS GERAI INFORMASI
(1) 
(2) Dosen Jurusan Politik dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Univerisitas Negeri Semarang
(3) 
Abstract
Tujuan penelitian adalah mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan dampak peningkatan aktivitas dan prestasi hasil belajar melalui pendekatan adik simba berbasis gerai informasi pada materi Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa dalam meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar di kelas VIII F Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Kota Semarang. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan adik simba berbasis gerai dapat meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi hasil belajar. Dampak peningkatan aktivitas belajar dan prestasi hasilbelajar ditunjukkan dengan tingkat keaktifan dalam mengikuti proses pembelajaran sudah menunjukkan pada skala tinggi. Suasana kelas dinamis dan kondusif. Sebagian besar peserta didik aktif dalam pembelajaran dalam menyelesaikan tugas secara berkelompok walaupun masih ada beberapa peserta didik belum aktif. Ketuntasan belajar sudah mencapai 97% artinya indikator kinerja penelitiansudah tercapai.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anita Lie. 2002. Cooperatif LearningMempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta:Grasindo.
Cooper, James M. 1990. Classroom Teaching Skill. Canada : DC. Health and CompanyDriscoll J (2000) Practising clinical supervision. Edinburgh: Balliere Tindall
Martinis, Yamin. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Gaung Persada Press Jakarta.
Roblyer, M. D., Edwards, J., & Havriluk,M. A.(1997).Integrating
educational technology into teaching. Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall.
Slameto. 1998. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
Sudjana, Nana. 1991. Dasar-dasar ProsesBelajar Mengajar. Bandung
Sinar Baru.
Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi
Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana Prenada M
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View Integralistik Stats