Persepsi Wanita Tunarungu Dari Hwdi Mengenai Penggunaan Bahasa Isyarat Dalam Video “Make it Bronzeâ€
(1) The London School of Public Relations Jakarta
(2) The London School of Public Relations Jakarta
(3) The London School of Public Relations Jakarta
Abstract
Dalam kehidupan sehari-hari para penyandang tunarungu mengalami kesulitan dalam berkomunikasi secara verbal/lisan dikarenakan keterbatasan yang mereka miliki, sehingga diciptakanlah Bahasa Isyarat untuk membantu mereka dalam berkomunikasi. Para penyandang tunarungu juga mengalami kesulitan untuk menerima sebuah informasi melalui video yang tidak menyediakan terjemahan bahasa isyarat maupun subtitle. Pada bulan Juni 2018, L’Oreal Indonesia melalui akun YouTube L’Oreal Indonesia meluncurkan sebuah video makeup tutorial dengan judul “Make It Bronze†yang merupakan video makeup tutorial pertama di Indonesia yang menggunakan terjemahan bahasa isyarat. Penelitian ini meneliti mengenai persepsi yang dimiliki wanita penyandang tunarungu dari Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia mengenai video “Make It Bronze†dan pesan yang mereka terima melalui video tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode naratif dan paradigma post-positivistik. Penelitian ini menemukan bahwa wanita penyandang tunarungu Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia memiliki persepsi yang positif terhadap video “Make It Bronze†sedangkan untuk pesan yang diterima melalui video “Make It Bronze†berbeda pada setiap narasumber.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cheta N.P dan Susandijani. (2018 Juli, 11). Bahasa Isyarat SIBI dan Bisindo, Tilik Perbedaannya. Diperoleh pada 14 Oktober 2018, dari: https://difabel.tempo.co/read/1105916/bahasa-isyarat-sibi-dan-bisindo-tilik-perbedaannya
Emzir. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta, Indonesia: Rajawali Pers.
Fitrah dan Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi, Indonesia: CV Jejak.
Hernawati, T. (2007). Pengembangan Kemampuan Berbahasa dan Berbicara Anak Tunarungu. Jurnal JASSI_anakku, 7(1), 101-110. Diperoleh pada 15 Oktober 2018, dari: http://103.23.244.11/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/196302081987032-TATI_HERNAWATI/jurnal.pdf
Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia. (n.d). Profile. Diperoleh pada 8 Oktober 2018, dari: https://hwpcipusat.wordpress.com/about/
Kementerian Kesehatan RI. (2014). Situasi Penyandang DIsabilitas. Jakarta, Indonesia: Kementrian Kesehatan.
Mayasari, A. (2017 Oktober, 27). Kisah Inspiratif Fanny, Tuna Daksa yang Sukses Berbisnis di Usia Muda. Diperoleh pada 14 Oktober 2018 dari: https://wolipop.detik.com/entertainment-news/d-3702715/kisah-inspiratif-fanny-tuna-daksa-yang-sukses-berbisnis-di-usia-muda
Mayasari, A. (2018, Juli 30). Kisah Laninka Siamiyono, Difabel yang Merasa 'Hidup Kembali' karena Makeup. Diperoleh pada 14 Oktober 2018 dari: https://wolipop.detik.com/entertainment-news/d-4141002/kisah-laninka-siamiyono-difabel-yang-merasa-hidup-kembali-karena-makeup
Media Disabilitas. (n.d). Penyandang Disabilitas Sensorik. Diperoleh pada 14 Oktober 2018, dari: http://mediadisabilitas.org/uraian/ind/disabilitas-sensorik
Nisitasari, W. (2018 April, 21). Kisah Inspiratif Angkie Yudistia, Teman Tuli yang Berprestasi. Diperoleh pada 14 Oktober 2018, dari: https://www.idntimes.com/life/women/wimala-nisitasari/kerap-dibully-dan-ditolak-bekerja-perempuan-tuna-rungu-ini-membuktikan-bahwa-ia-bisa-sukses-c1c2/full
Oktaviani, K. (2018 Juli, 24). L'Oreal Indonesia Bikin Makeup Tutorial dengan Terjemahan Bahasa Isyarat. Diperoleh pada 8 Oktober 2018, dari: https://wolipop.detik.com/makeup-and-skincare/d-4131390/loreal-indonesia-bikin-makeup-tutorial-dengan-terjemahan-bahasa-isyarat
Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta, Indonesia: Kencana.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View Integralistik Stats