Sikap Nasionalisme SDN 3 Padurenan

Imam Azhari(1),


(1) 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap nasionalisme siswa pada
pembelajaran jarak jauh dan strategi sekolah dalam menumbuhkan sikap
nasionalisme siswa SDN 3 Padurenan. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dari
penelitian ini adalah guru dan siswa kelas lima yang berjumlah 8 siswa. Hasil
penelitian siswa SDN 3 Padurenan mempunyai sikap nasionalisme selama
pembelajaran jarak jauh (PJJ) antara lain bangga sebagai bangsa Indonesia,
cinta tanah air, rela berkorban demi bangsa, menghargai keanekaragaman
kebudayaan, menghargai jasa para pahlawan, dan mengutamakan kepentingan
umum. Strategi sekolah dalam menumbuhkan sikap nasionalisme siswa di SD
3 Padurenan dengan kegiatan di dalam pembelajaran dan di luar pembelajaran.

Keywords

Sikap, Nasionalisme, Siswa

Full Text:

PDF

References

Ariyani, Yasinta Dwi dan Apriani, An-nisa.

Analisis Muatan Nilai-Nilai

Nasionalisme Pada Buku Teks KTSP

PKN Kelas 3 SD. Elementary School

Vol. 4 No. 2.

Aswasulasikin, Pujiani, Sri, Hadi, Yul Alfian.

Penanaman Nilai Nasionalis

Melalui Pembelajaran Budaya Lokal

Sasak di Sekolah Dasar. Jurnal

DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan

Dasar. Vol. VI, No. 1.

Bahtiar, Reza Syehma. 2016. Upacara

Bendera Berbasis Karakter Dalam

Pengembangan Sikap Nasionalisme

Siswa Sekolah Dasar. INOVASI, 18, 2.

Elviana, Premita Sari Octa dan Murdiono,

Mukhamad. 2017. Pengaruh Metode

Sosiodrama terhadap Hasil Belajar dan

Sikap Tanggung Jawab dalam

Pembelajaran PKn. Jurnal Civics. Vol.

No.1.

Fatonah, Fatonah. 2017. Belajar dari

Karakeristik Bangsa Jepang. Tsaqofah

& Tarikh. Vol. 2 No. 2.

Fardani, Much Arsyad, dkk. (2021). Game

Panjol Berbasis Androit untuk

Meningkatkan Karakter Bersahabat

Pada Siswa Sekolah Dasar. REFLEKSI

EDUKATIKA: Jurnal Ilmiah

Kependidikan. Vol 11, no.2.

Haris, Fairizah dan Gunansyah, Ganes. 2013.

Penerapan Model Pembelajaran VCT

(Value Clarification Technique) untuk

Meningkatkan Kesadaran Nilai

Menghargai Jasa Pahlawan Pada Siswa

Sekolah Dasar. JPGSD Vol. 01 no. 02.

Hidayat, Ahmad Arif, PJ, Nyoman Serikat,

dan Sukinta. 2017. Kepentingan Umum

sebagai Dasar Pertimbangan Penerapan

Asas Oportunitas oleh Jaksa Agus

dalam Proses Pidana. Diponegoro Lawa

Journal. Vol. 5, No. 2.

Irawati, Enny. 2020. Peranan Mahasiswa dan

Lembaga dalam Membangun Toleransi

Keragaman Budaya di Sekolah Tinggi

Theologia Biblika Jakarta. Jurnal

Antropologi Sosial dan Budaya

(Journal of Social and Cultural

Anthropology). Vol. 6 No. 1.

Kemendikbud. 2018. Salinan Lampiran

Peraturan Menteri Pendidikan dan

Kebudayaan No. 20 Tahun 2018,

tentang Pengu atan Pendidikan

Karakter Pada Satuan Pendidikan

Formal.

Kurniawan, Ferry, Ruslan, dan Awaluddin.

Pelaksanaan penanaman nilai-

nilai nasionalisme pada siswa sd negeriunggul sibreh. Jurnal Ilmiah

Pendidikan Guru Sekolah Dasar KIP

Unsyiah, 3,1, 114-118.

Laksono, Puji. 2017. Realisme Media: Telaah

Kritis Media Massa Indonesia. Dimensi.

Vol. 10, No. 1.

Ningrum, Retno Wulan, Ismaya, Erik Aditia,

dan Fajrie Nur. 2020. Faktor-Faktor

Pembentuk Karakter Disiplin dan

Tanggung Jawab Dalam

Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal

Prakarsa Paedagogia.Vol. 3 No.1

Patton, Michael Quinn. 2009. Metode

Evaluasi Kualitatif. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar

Permana, Ujang. 2018. Implementasi Nilai-

Nilai Nasionalisme Pada Mahasiswa

AKPER YPIB Majalengka. Syntax

Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia. Vol.

, No.1.

Priyoutomo, Sunu Dwi dan Ngalim, Abdul.

Penanaman Sikap Cinta Tanah

Air dalam Pramuka di Dabin 5 UPTD

Pendidikan Wirosari Brobogan Varia

Pendidikan, vol. 28, No. 1.

Ratnasari, Meita. 2017. Proses Penanaman

Sikap Nasionalisme Dalam

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Pada Siswa Kelas Tinggi Sd Taman

Muda Ibu. Pawiyatan Yogyakarta

Tahun Ajaran 2016/ 2017. Trihayu:

Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 3,

Nomor 3.

Rianto, Hadi dan Firmansyah, Syarif. 2017.

Upaya Mewujudkan Pemahaman Nilai-

Nilai Patriotisme Dalam Bersikap

Mahasiswa Program Studi PPKN IKIP

PGRI Pontianak. SOSIAL HORIZON:

Jurnal Pendidikan Sosial. Vol. 4, No. 1.

Siswanto. 2019. Mencintai Produk dalam

Negri Sebagai Manifestasi Bela Negaradi Era Global. Jurnal Pertahanan dan

Bela Negara. 7(3).

Suwandi, Intan Kurniasari dan Sari, Indah

Perdana. 2017. Analisis karakter

nasionalisme pada buku teks kurikulum

edisi revisi 2016 kelas I SD.

Elementary School 4, 4, 2.

Suhayah, Yayah, Maryani, Enok, dan Yani,

Ahmad. 2013. Pengaruh Penggunaan

Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar

dan Sikap Cinta Tanah Air Peserta

Didik. Jurnal Pendidikan Geografi.

Vol. No.

Suwandi, Intan Kurniasari dan Sari, Indah

Perdana. 2017. Analisis karakter

nasionalisme pada buku teks kurikulum

edisi revisi 2016 kelas I SD.

Elementary School 4, 4, 2.

Taubah, Mufatihatut dan Chasanah, Uswatun.

Peranan Gerakan Pramuka Dalam

Menanamkan Sikap Nasionalisme Di

Madrasah Ibtidaiyah (Studi Kasus Di

MIN Kudus Tahun Pelajaran

/2018). ELEMENTARY: Islamic

Teacher Journal. Vol. 6 No. 2

Utaminingsih, Sri, dan Zuliana, Eka. 2019.

Efektivitas Manajemen Pembelajaran

Karakter Berbasis Financial Literasi di

Sekolah Dasar. Jurnal Bidang

Pendidikan Dasar (JBPD), Vol. 3 No.2.

Widiatmaka, Pipit. 2016. Pembangunan

karakter nasionalisme peserta didik di

sekolah berbasis agama islam. JPK:

Jurnal Pancasila dan

Kewarganegaraan,1,1.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Integralistik Stats