Sikap Nasionalisme SDN 3 Padurenan
(1) 
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap nasionalisme siswa pada
pembelajaran jarak jauh dan strategi sekolah dalam menumbuhkan sikap
nasionalisme siswa SDN 3 Padurenan. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dari
penelitian ini adalah guru dan siswa kelas lima yang berjumlah 8 siswa. Hasil
penelitian siswa SDN 3 Padurenan mempunyai sikap nasionalisme selama
pembelajaran jarak jauh (PJJ) antara lain bangga sebagai bangsa Indonesia,
cinta tanah air, rela berkorban demi bangsa, menghargai keanekaragaman
kebudayaan, menghargai jasa para pahlawan, dan mengutamakan kepentingan
umum. Strategi sekolah dalam menumbuhkan sikap nasionalisme siswa di SD
3 Padurenan dengan kegiatan di dalam pembelajaran dan di luar pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariyani, Yasinta Dwi dan Apriani, An-nisa.
Analisis Muatan Nilai-Nilai
Nasionalisme Pada Buku Teks KTSP
PKN Kelas 3 SD. Elementary School
Vol. 4 No. 2.
Aswasulasikin, Pujiani, Sri, Hadi, Yul Alfian.
Penanaman Nilai Nasionalis
Melalui Pembelajaran Budaya Lokal
Sasak di Sekolah Dasar. Jurnal
DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan
Dasar. Vol. VI, No. 1.
Bahtiar, Reza Syehma. 2016. Upacara
Bendera Berbasis Karakter Dalam
Pengembangan Sikap Nasionalisme
Siswa Sekolah Dasar. INOVASI, 18, 2.
Elviana, Premita Sari Octa dan Murdiono,
Mukhamad. 2017. Pengaruh Metode
Sosiodrama terhadap Hasil Belajar dan
Sikap Tanggung Jawab dalam
Pembelajaran PKn. Jurnal Civics. Vol.
No.1.
Fatonah, Fatonah. 2017. Belajar dari
Karakeristik Bangsa Jepang. Tsaqofah
& Tarikh. Vol. 2 No. 2.
Fardani, Much Arsyad, dkk. (2021). Game
Panjol Berbasis Androit untuk
Meningkatkan Karakter Bersahabat
Pada Siswa Sekolah Dasar. REFLEKSI
EDUKATIKA: Jurnal Ilmiah
Kependidikan. Vol 11, no.2.
Haris, Fairizah dan Gunansyah, Ganes. 2013.
Penerapan Model Pembelajaran VCT
(Value Clarification Technique) untuk
Meningkatkan Kesadaran Nilai
Menghargai Jasa Pahlawan Pada Siswa
Sekolah Dasar. JPGSD Vol. 01 no. 02.
Hidayat, Ahmad Arif, PJ, Nyoman Serikat,
dan Sukinta. 2017. Kepentingan Umum
sebagai Dasar Pertimbangan Penerapan
Asas Oportunitas oleh Jaksa Agus
dalam Proses Pidana. Diponegoro Lawa
Journal. Vol. 5, No. 2.
Irawati, Enny. 2020. Peranan Mahasiswa dan
Lembaga dalam Membangun Toleransi
Keragaman Budaya di Sekolah Tinggi
Theologia Biblika Jakarta. Jurnal
Antropologi Sosial dan Budaya
(Journal of Social and Cultural
Anthropology). Vol. 6 No. 1.
Kemendikbud. 2018. Salinan Lampiran
Peraturan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan No. 20 Tahun 2018,
tentang Pengu atan Pendidikan
Karakter Pada Satuan Pendidikan
Formal.
Kurniawan, Ferry, Ruslan, dan Awaluddin.
Pelaksanaan penanaman nilai-
nilai nasionalisme pada siswa sd negeriunggul sibreh. Jurnal Ilmiah
Pendidikan Guru Sekolah Dasar KIP
Unsyiah, 3,1, 114-118.
Laksono, Puji. 2017. Realisme Media: Telaah
Kritis Media Massa Indonesia. Dimensi.
Vol. 10, No. 1.
Ningrum, Retno Wulan, Ismaya, Erik Aditia,
dan Fajrie Nur. 2020. Faktor-Faktor
Pembentuk Karakter Disiplin dan
Tanggung Jawab Dalam
Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal
Prakarsa Paedagogia.Vol. 3 No.1
Patton, Michael Quinn. 2009. Metode
Evaluasi Kualitatif. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar
Permana, Ujang. 2018. Implementasi Nilai-
Nilai Nasionalisme Pada Mahasiswa
AKPER YPIB Majalengka. Syntax
Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia. Vol.
, No.1.
Priyoutomo, Sunu Dwi dan Ngalim, Abdul.
Penanaman Sikap Cinta Tanah
Air dalam Pramuka di Dabin 5 UPTD
Pendidikan Wirosari Brobogan Varia
Pendidikan, vol. 28, No. 1.
Ratnasari, Meita. 2017. Proses Penanaman
Sikap Nasionalisme Dalam
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
Pada Siswa Kelas Tinggi Sd Taman
Muda Ibu. Pawiyatan Yogyakarta
Tahun Ajaran 2016/ 2017. Trihayu:
Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 3,
Nomor 3.
Rianto, Hadi dan Firmansyah, Syarif. 2017.
Upaya Mewujudkan Pemahaman Nilai-
Nilai Patriotisme Dalam Bersikap
Mahasiswa Program Studi PPKN IKIP
PGRI Pontianak. SOSIAL HORIZON:
Jurnal Pendidikan Sosial. Vol. 4, No. 1.
Siswanto. 2019. Mencintai Produk dalam
Negri Sebagai Manifestasi Bela Negaradi Era Global. Jurnal Pertahanan dan
Bela Negara. 7(3).
Suwandi, Intan Kurniasari dan Sari, Indah
Perdana. 2017. Analisis karakter
nasionalisme pada buku teks kurikulum
edisi revisi 2016 kelas I SD.
Elementary School 4, 4, 2.
Suhayah, Yayah, Maryani, Enok, dan Yani,
Ahmad. 2013. Pengaruh Penggunaan
Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar
dan Sikap Cinta Tanah Air Peserta
Didik. Jurnal Pendidikan Geografi.
Vol. No.
Suwandi, Intan Kurniasari dan Sari, Indah
Perdana. 2017. Analisis karakter
nasionalisme pada buku teks kurikulum
edisi revisi 2016 kelas I SD.
Elementary School 4, 4, 2.
Taubah, Mufatihatut dan Chasanah, Uswatun.
Peranan Gerakan Pramuka Dalam
Menanamkan Sikap Nasionalisme Di
Madrasah Ibtidaiyah (Studi Kasus Di
MIN Kudus Tahun Pelajaran
/2018). ELEMENTARY: Islamic
Teacher Journal. Vol. 6 No. 2
Utaminingsih, Sri, dan Zuliana, Eka. 2019.
Efektivitas Manajemen Pembelajaran
Karakter Berbasis Financial Literasi di
Sekolah Dasar. Jurnal Bidang
Pendidikan Dasar (JBPD), Vol. 3 No.2.
Widiatmaka, Pipit. 2016. Pembangunan
karakter nasionalisme peserta didik di
sekolah berbasis agama islam. JPK:
Jurnal Pancasila dan
Kewarganegaraan,1,1.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View Integralistik Stats