Implementation of Pancasila in Environmental Education (Study at SD Negeri 1 Ungaran)

Indah Eges Wahyuni(1),


(1) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Environment management principally is the effort to conserve the environment function in which includedpolicy, regulation, utility, maintenance, recovery, controlling and managing of environment. The environment management needed in order in creating sus tainable development that owning an environment perspective for the Indonesia’s humanbeing integral development within faith in God. It’s urgent in understanding in how to applicate or knowing the application aspects of Pancasila values for the environment management to attain a better and useful environment management.

Keywords

Environmental Education; Pancasila; Student; Elementary School

Full Text:

PDF

References

Anwar, Zul. (2012). Pelaksanaan Pembel-ajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Vol. 5 No. 2. Diakses pada tanggal 22 Agustus 2015. http://journal. uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/4747

Azra, Azyumardi. Paradigma Baru Pendidikan Nasional: Rekonstruksi dan Demokratisasi. Jakarta: Kompas. 2002. H.6.

Budi Raharjo. Sabar “Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak

Dahri, Harapandi. “Tabot dan Konstribusinya Dalam Pengembangan pendidikan kehidupan. XXI No. 1 – Th. 2008.

Denzin, K.N. & Yvonna S.L. (2009). Hanbook of qualitative research. edisi Bahasa Indonesia. Yogyakarta: pustaka Pel-ajar.

Gunawan. (2009). Menuju Jati Diri Pendidikan yang Mengindonesia. Yogyakarta. Re-konstruksi Pendidikan DIY Bekerja sama dengan Gadjah Mada University Press.

Habibah. Neneng. “Fungsi Saman Pada Masyarakat Pandeglang (Studi Kasus di Desa Giri Jaya Kecamatan Saketi dan Desa Batu Ranjang Kecamatan Cipeucang Kabupaten Pandeglang),” dalam Jurnal PENAMAS, Vol.XXI, No.1, Th 2008.

John, McCain & Mark Salter. Karakter-Karakter yang Menggugah Dunia. Terj. T. Hermaya, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2009.

Kementerian Lingkungan Hidup. (2006). Garis-garis besar isi materi PLH. Jakarta

Kementerian Lingkungan Hidup. (2011). Panduan adiwiyata. Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan 2011. Jakarta.

Koentjaraningrat. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Aksara Baru. 2009.

Kusdarjito, Cungki. (2009). Pendidikan Yang Berkerakyatan Rakyat Indonesia. Me-nuju Jati Diri Pendidikan Yang Mengindonesia. Yogyakarta. Komite Rekonstruksi Pendidikan DIY Be-kerja sama dengan Gadjah Mada University Press.

Lemhanas RI. (2011). Materi dan modul nilai-nilai ideologi pancasila. Direktorat Pemantapan Nilai-Nilai Ideologi dan Kewaspadaan Nasional. Deputi Bi-dang Pemantapan Nilai-Nilai Ke-bangsaan.

Lemhanas RI. (2011). Materi dan modul pemantapan nilai-nilai konstitusi UUD NKRI tahun 1945. Direktorat Pemantapan Nilai-Nilai Konstituasi dan Sisnas. Deputi Bidang Peman-tapan Nilai-Nilai Kebangsaan. Asry, Yusuf. Menelusuri Kearifan Lokal Di Bumi

Lemhanas RI. (2011). Materi modul peman-tapan nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari nilai-nilai negara ke-satuan Republik Indonesia. Direktorat Pemantapan Semangat Bela Negara. Deputi Bidang Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan.

Melalatoa, M. Yunus. Ensiklopedi Suku Bangsa di Indonesia. Jilid A-Z. Jakarta Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1995.

Mulia”, dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol.16, No.3, Mei 2010.

Rahyono. F.X. Kearifan Budaya dalam Kata. Jakarta: Wedatama Widyasastra. 2009.

Sukarata, Made. “ Pengenalan dan Pemahaman Local Genius Menghadapi Era Globalisasi di Indonesia”, dalam Nirmala, Surabaya, Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain-Universitas Kristen Petra, Vol. 1, No.1. Januari 1999.

Suyatno, Suyono. Revitalisasi Kearifan Lokal sebagai Upaya Penguatan Identitas Keindonesiaan. http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/ lamanbahasa/artikel/1366.

Tumanggor, Rusmin. “Pemberdayaan Kearifan Lokal Memacu Kesetaraan Komunitas Adat Terpencil” dalam Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial. Vol.12. No.01, januari-April 2007. hlm.9-12.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indah Eges Wahyuni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
The journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License