PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KUALITAS DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN MAGISTRA UTAMA KOTA SEMARANG

Does Ichwani Tri Wikanah(1),


(1) 

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendiskripsikan ciri-ciri pembelajaran, proses pembelajaran dan pengembangan pembelajaran berbasis kualitas di Lembaga Kursus dan Pelatihan Magistra Utama Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain etnografi pendidikan. penelitian ini dilakukan di Lembaga Kursus dan Pelatihan Magistra Utama Kota Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan teknik triangulasi sumber, metode dan teori. Hasil dari penelitian ini adalah Lembaga Kursus dan Pelatihan memiliki ciri kualitas, mendesain kurikulum pembelajaran dengan cara bekerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri. Proses belajar mengajar berkualitas, mendatangkan pakar dalam pembelajaran. Pengembangan pembelajaran, kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri dalam menyusun perangkat pembelajaran dan penyetaraan capaian belajar dengan membentuk kompetensi peserta didik sesuai level dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Keywords

pengelolaan, pembelajaran , kualitas.

Full Text:

PDF

References

Alobiedat, Ahmad. 2011. The Effectiveness of the School Performance, by Using The Total Quality Standards within the Education District of Al Petra Province, from the Perspective of the Public School Principals and Teachers. Emerald Group Publishing Limited.

Arumugam, Vecri & Keng Boon, Ooi. 2008. TQM Practices and Quality Management Performance; an investigation of their relationship using data from ISO 9001:2000 firm in Malaysia. Emerald Group Publishing Limited.

Baharudin & Esa Nur, Wahyuni. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Balitbang. 2010. Kurikulum. Jakarta: Kemendiknas.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan, Zai. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bhakti.

H.B. Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Kariadinata, Rahayu & Maman Abdurahman. 2012. Dasar-dasar Statistika Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Konidari, Victoria & Abernot, Yvan. 2006. From TQM to Learning Organization, Another Way for Quality Management in Educational Institution. Emerald Group Publishing Limited.

Kekou, Eva. 2010. The use of Interactive new Media art in Education: Crossings. Academic Conferences International Limited

Mulyasa, E. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2005. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pardjono. 2011. Peran Industri dalam Pengembangan SMK. http:// staff.uny.ac.id/system/ files/ pengabdian/ prof-drs-pardjono-msc-phd/ peran-dudi-utksmk.docx diunduh tanggal 15 Januari 2014.

Presiden Republik Indoesia. 2013. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013, tentang Standar Nasional Pendidikan. Presiden Republik Indoesia.

Presiden Republik Indonesia. 2012. Peraturan Presiden Republik Indonesia No.8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Presiden Republik Indonesia.

Philips, Janet M, MS, RN. 2005. Strategies for Active Learning in Online Continuing Education. Slack Incorporated.

Pupuh, Fathurrohman & Sobry, Sutikno. 2007. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: PT. Refika Aditama, Cet.2.

Sahney, Sangecta. 2011. Delighting Customers of Management Education in India: a student perspective, part II. Emerald Group Publishing Limited.

Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar ProsesPendidikan. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Sarma, Queen. 2012. Desigining Effective Course Curiculum for Enhancing Quality of Environmental Education Through Distance Institutions. Educational Research Multimedia & Publications.

Sobry, Sutikno M. 2007. Menggagas Pembelajaran Efektif dan Bermakna. Mataram: NTP Press.

Sukirman, Dadang & Jumhana, Wana. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: UPI PRESS.

Sukmadinata. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Kesuma Karya Supriadi.

Suprijoto, Agus. 2012. Cooperatif Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryo, Subroto. 2002. Tata Laksana Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaodih, Nana. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Kesuma Karya.

Syah & Kariadinata. 2009. “Bahan Pelatihan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM)” Makalah disajikan dalam rangka Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Rayon Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati. Bandung.

Tarmizi. 2008. Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menenangkan (online). (http//tarmizi.files.wordpress.com//2008/11/11/Pembelajaran aktif-inovatif-kreatif-efektif-dan-menyenangkan/ diakses 04 Februari 2014).

Toremen, Fatih & Karakus, Mehmet. 2009. Total Quality Management Practices in Turkish Primary School. Emerald Group Publishing Limited.

Depdiknas. 2003. UU No 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas.

Depdiknas. 2003. UU No 20 tahun 2003, Pasal 26 tentang Penyelenggaraan Kursus dan Pelatihan. Depdiknas.

Depdiknas. 2003. UU No 20 Tahun 2003, Pasal 59 tentang Evaluasi Pengelola, Satuan, Jalur Jenjang dan Jenis Pendidikan. Depdiknas.

Uno, Hamzah B. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, Hamzah. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Yamin, Martinis. 2008. Paradigma Pendidikan Kontruktivistik ”Implementasi KTSP & UU No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen”.Jakarta: Gaung Persada Press. Indonesia.

Yamin, Martinis. 2007. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press Indonesia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing & Abstracting