PENGEMBANGAN MODEL LAYANAN PROGRAM USAHA KESEHATAN SEKOLAH TERINTEGRASI PADA LEMBAGA PAUD DI KOTA SEMARANG (Studi pada lembaga Taman Kanak-kanak di Kota Semarang)

Amirul Mukminin(1), Neneng Tasu’ah(2),


(1) 
(2) 

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan layanan; mekanisme dan bentu-bentuk pelaporan, serta mengetahui model layanan program UKS terintegrasi pada lembaga PAUD di kota Semarang, agar pengembangan model layanan dapat berjalan dengan baik. Target penelitian ini menemukan model layanan UKS terintegrasi pada lembaga PAUD. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan. Sampel ditentukan dengan teknik stratified random sampling dan data penelitian dianalisis secara deskriptif. Model ini dikembangkan dengan modifikasi langkah-langkah dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

Penelitian ini mampu menggambarkan mekanisme layanan program UKS pada lembaga PAUD, yang meliputi trias UKS (pendidikan kesehatan, layanan kesehatan, pembinaan lingkungan sekolah sehat), sebagian besar kegiatannya belum dilakukan atau dilaksanakan oleh lembaga termasuk dalam merencanakan kegiatan. Mekanisme dan bentuk – bentuk pelaporan layanan program UKS, yang dibuat oleh tim peksana secara tertulis pada akhir tahun yang dilaporkan kepada kepala sekolah, Dinas Pendidikan dan Puskesmas. Model layanan program UKS terintegrasi pada lembaga PAUD, tim pelaksana mengidentifikasi dan merencanakan kegiatan layanan program pada lembaga yang meliputi trias dan memastikan dalam setiap rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) harus ada kegiatan layanan program UKS baik di bagian awal, bagian inti, maupun bagian akhir.

Keywords

Pelayanan, Terintegrasi, Pembelajaran

Full Text:

PDF

References

Azwar, A. 2010. Pengantar Administrasi Kesehatan Edisi Ketiga. Jakarta: PT Binarupa Aksara.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2007. Petunjuk Teknis Pencatatan dan Pelaporan Program Imunisasi. Jakarta: Dirjen PP - PL dan Direktorat Sepim- Kesma Depkes RI.

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. 2009. Pedoman Pembinaan dan Pengembangan UKS.

Dinas Kesehatan Kota Semarang. 2008. Profil dinas kesehatan Kota Semarang.

Endang, S.S. 2009. Manajemen Kesehatan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Pendidikan Dasar. Pedoman Pembinaan dan Pengembangan UKS. 2012.

Mulyana, Denny. 2003. Metodologi Penelitian Kualitatif. Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Edisi II. Bandung: PT Remaja Indokarya.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Prinsip prinsip Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Pemerintah provinsi jawa tengah. Pedoman Pembinaan dan Pengembangan UKS Di Taman Kanak - Kanak. 2008

Suyanto. 2006. Dibelantara Pendidikan Bermoral. Yogyakarta: Penerbit UNY Press.

Wirawan. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing & Abstracting