STRATEGI PEMBELAJARAN PARTISIPATIF DALAM MENINGKATKAN HASIL PROGRAM PENDIDIKAN NONFORMAL DI KABUPATEN KARAWANG

Dayat Hidayat(1),


(1) Prodi Pendidikan Luar Sekolah, FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengungkap perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran partisipatif dalam penyelenggaraan pendidikan nonformal di PKBM Kabupaten Karawang. Penelitian menggunakan pendekatan kualtitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam dan analisis dokumentasi. Analisis data dengan model analisis Miles dan Huberman, yaitu model analisis interaktif.  Langkah-langkah analisis meliputi koleksi data, penyederhanaan data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan serta verifikasi. Simpulan penelitian pada tahap perencanaan sumber belajar bersama warga belajar mengidentifikasi kebutuhan belajar yang akan dipenuhi melalui kegiatan belajar. Pada tahap pelaksanaan, sumber belajar memotivasi warga belajar apabila diketahui bahwa kegiatan dan kemajuan belajar itu lamban. Sumber belajar membantu warga belajar memperhatikan keterkaitan antara pengalaman yang telah dimiliki dengan kepentingan warga belajar lainnya. Sumber belajar merespon secara edukatif terhadap usaha warga belajar untuk menerapkan pengalaman dan keterampilan baru yang mereka miliki dan membantu menggunakan respon tersebut terhadap stimulus serupa dari pihak lain dalam situasi kehidupan nyata. Sumber belajar mendorong warga belajar untuk mencari dan menemukan sendiri alternatif jawaban terhadap masalah yang timbul walaupun masalah itu mudah untuk diperoleh sumber belajar. Pada tahap penilaian, sumber belajar memotivasi warga belajar untuk melakukan evaluasi terhadap pengalaman keterampilan yang telah dimiliki di dalam tugas sebenarnya atau dalam dunia kehidupannya.

Keywords

Pembelajaran Partisipatif; Hasil Program PNF

Full Text:

PDF

References

BP-PLSP. 2006. Membangun Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Bandung: BP-PLSP Jayagiri Bandung Jawa Barat.

Cresswell, John W. 2013. Research Design. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Kamil, Mustofa. 2009. Pendidikan Nonformal. Bandung: Alfabeta.

Milan, H Mc. James dan Schumacher, Sally. 1997. Research in Education, A Conseptual Introduction. New York San Fransisco. Longman Inc.

Miles, Matthew B. dan Huberman, Michael A. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Nasution. 1996. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung. Tarsito.

Sudjana, Djudju. 2004. Manajemen Pendidikan Nonformal. Bandung: Fallah Production.

____________________ Pendidikan Nonformal (Sejarah Perkembangan, Falsafah, Teori Pendukung, Asas). Bandung: Fallah Production.

Sudjana, Djudju. 2004. Strategi Pembelajaran Partisipatif dalam Pendidikan Nonformal. Bandung: Fallah Production.

Undang-Undang RI Nomor 20. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing & Abstracting