Kearifan Lokal Kerajinan Bordir Tasikmalaya Sebagai Ekonomi Kreatif Terbuka Untuk Modern (Studi di Kota Tasikmalaya Jawa Barat)

Yus Darusman(1),


(1) Jurusan PLS FKIP Universitas Siliwangi Tasikmalaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi tentang kearifan lokal kerajinan bordir sebagai ekonomi kreatif yang terbuka untuk modern dan telah menjadi komoditas unggulan bagi masyarakat Tasikmalaya. Metode penelitian ini yaitu kualitatif atau naturalistic kualitative dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan  interview participant. Penentuan sumber data atau informan melalui purposive sapling dengan teknik snow ball. Pengolahan data mulai dari reduksi data,klasifikasi data, pengkodean, matrik, pemaknaan dan tafsiran. Hasil penelitian; bahwa kerajinan bordir Tasikmalaya, pada awalnya sebagai keterampilan wanita pengisi waktu senggang, kini berubah menjadi kearifan local yang bercorak ekonomi kreatif yang adaptif terhadap perkembangan zaman modern. Kerajinan bordir menjadi pilihan komoditas ekonomi unggulan  yang mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi rakyat Tasikmalaya. Kelembagaan tata niaga kerajinan bordir cukup unik dan sulit ditiru oleh masarakat luar, karena terjadi bersamaan dengan pendidikan indigenus pada keluarga dan masyarakat pengrajin yang turun menurun.

Keywords

Kerajinan Bordir; kearifan Lokal; ekonomi kreatif; modern

Full Text:

PDF

References

Awan Mutaqin. 2006. Profil Kehidupan Masyarakat Kampung Naga di Tengah-tengah Arus Modernisasi (Laporan Hasil Penelitian).Bandung: Anggita Pustaka Mandiri.

Andriani Dini. 2015. Pengembangan Potensi Kearifan Lokal Dalam Mewujudkan Kota Kreatif. Laporan Hasil Penelitian, Jakarta; Puslitbang Kebijakan Ekonomi Kreatif,

Deliana Rehuliana Barus. 2015. Analisa Program Studi Ekonomi Kreatif di Kabupaten Serdang. Skripsi. Medan; Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Sumatra Utara.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan. 2014, Data perdagangan KotaTasikmalaya. Pemerintah Daerah Kota Tasikmalaya

Frank, Andre Gunder. 1989. Latin America Under development or Revolution. New York : MonthlyReview..

Keraf, Sonny. 2010. Etika Lingkungan hidup. Jakartra; PT Kompas Media Nusantara.

Rini Puspa & Siti Czafrani. 2010. Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal. Jakarta; Jurnal UI Untuk Bangsa Seri Sosial dan Humaniora, Vol 1.

Sintari Nita .2015. Bali Purta Sulung Industri kreatif. Hasil Penelitian, Yogyakarta; UII

Suwarsono dan Alvin Y.SO. 1991. Perubahan Sosial dan Pembangunan di Jakarta; Indonesia.LP3S.

Sya Ahman. 2006. Masyarakat Kampung Naga Tasikmalaya. Laporan Penelitian, Tasikmalaya: CV Gajah Poleng

Yus Darusman, 2000. Model transformasi Moral Ekonomi Pengrajin. Disertasi. Bandung; Pascasarjana. UPI.

Yus Darusman, 2014. Kearifan Lokal dan Pelestarian Lingkungan. Jurnal. Pendidikan & Kebudayaan. Vol.20. No.1. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing & Abstracting