PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PROGRAM PAKET C

Khalif Ashhabul Umam(1), Fakhruddin Fakhruddin(2),


(1) mahasiswa jurusan pendidikan luar sekolah fakultas ilmu pendidikan universitas negeri semarang
(2) dosen jurusan pendidikan luar sekolah fakultas llmu pendidikan universitas negeri semarang

Abstract

Keragaman latar belakang dari peserta didik program paket C PKBM Sunan Drajat yang berbeda-beda membuat kesiapan belajar dan hasil belajar masing-masing peserta didik menjadi lebih variatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesiapan dan hasil belajar peserta didik, serta untuk mengetahui pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar peserta didik program paket C Di PKBM Sunan Drajat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel 67 peserta didik yang terdiri dari 35 peserta didik kelas XI dan 32 peserta didik kelas XII. Berdasarkan analisis deskriptif persentase diperoleh data secara keseluruhan kesiapan belajar peserta didik berada pada kualifikasi tinggi dengan jumlah persentase 67,16 % peserta didik di atas rata-rata. Pada variabel hasil belajar juga diperoleh hasil yang sama dengan persentase 68,66 % peserta didik berada pada kualifikasi di atas rata-rata. Pada analisis regresi sederhana diperoleh hasil yaitu skor = 45,247 lebih besar dari  = 3,99 pada taraf signifikansi 0,05, sehingga hipotesis nol ( ) ditolak dengan kata lain ada pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar. Sedangkan pada tabel R square diperoleh skor 0,410 yang artinya besaran pengaruh kesiapan belajar peserta didik terhadap hasil belajar adalah sebesar 41,00 %.

 

The diversity of backgrounds of students program package C PKBM Sunan Drajat different makes learning readiness and learning outcomes of each student become more varied. The purpose of this study was to determine the level of readiness and learning outcomes of students, as well as to determine the effect of learning readiness to the learning outcomes of students program package C PKBM Sunan Drajat. This study used quantitative descriptive method with a sample of 67 students consisting of 35 students of class XI and XII grade 32 students. Based on the descriptive analysis of the data obtained by the percentage of the overall readiness of learners are at high qualification on the percentage of 67,16% of students above average. In learning outcome variables were also obtained similar results with the percentage of 68,66% of students are at the qualifications above average. In simple regression analysis obtained result is a score = 45,247 is greater than = 3, 99 at a significance level of 0,05. So that the nol hypothesis ( ) rejected. While the R square table obtained scores 0.410, which means the amount of influence the readiness of learners on learning outcomes is equal to 41.00%.

Keywords

Influence; Readiness of Learning; Learning Outcomes

Full Text:

PDF

References

Sutarto, Joko. 2007. Pendidikan Nonformal (Konsep Dasar, Proses Pembelajaran, & Pemberdayaan Masyarakat). Semarang: Unnes Press.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Kamil, Mustofa. 2011. Pendidikan Nonformal Pengembangan Melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Di Indonesia. Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Nasution, S. 2003. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Menagajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ahmadi, Abu. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Makmun, S.A. 2004. Psikologi Kependidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing & Abstracting