KOMPETENSI PROFESIONAL INSTRUKTUR DALAM PENCAPAIAN “HARD SKILL” PESERTA DIDIK

Veti Kurnia(1), Emmy Budiartati(2),


(1) pendidikan luar sekolah universitas negeri semarang
(2) Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi profesional yang dimiliki instruktur dalam pencapaian “hard skill” peserta didik beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Pendekatan penelitian kualitatif. Subyek penelitian berjumlah 6 orang yaitu 3 instruktur perakitan komputer dan pemrograman dan 3 orang peserta didik perakitan komputer dan pemrograman dengan informan berjumlah 3 orang terdiri dari Kepala UPT LLK Dinsosnakertrans dan 2 Instruktur lain. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, metode dan teori. Teknik analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa instruktur memiliki kompetensi profesional di dalam pencapain “hard skill” peserta didik sesuai dengan delapan indikator kompetensi profesional. Faktor pendukung kompetensi yaitu latar belakang pendidikan instruktur dan lingkungan yang mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu rendahnya motivasi instruktur untuk berinovasi dan berkreativitas, fasilitas yang kurang mendukung, waktu pelatihan yang singkat.

This study aimed to describe what the profesional instructor competence in achieving the hard skills of students along supporting and inhibiting factors. This study used a qualitative approach to data collection through interviews, observation and documentation. The research subjects are 6 people that 3 computer assembly and programming instructor and learners assembly 3 computers and programming with informants totaling 3 consists of the Head of UPT LLK Dinsosnakertrans and 2 other instructors. Data collection through interviews, observation, and documentation. The validity of the data using triangulation source. Data analysis techniques are data collection, data reduction, data presentation and conclusion. The study concluded that are instructors have professional competence in the achievement of hard skills of students in accordance with the eight indicators of professional competence. Factors supporting competencies that instructors educational background and supportive environment. Meanwhile, the inhibiting factor is the low motivation to innovate and creativity instructors, facilities that are less supportive, short training time.

Keywords

profesional instructor competence; hard skills of students

Full Text:

PDF

References

Badan Pusat Statistika. 2014. Berita Resmi Statistik No. 38/05/Th. XVII, 5 Mei 2014 http://www.bps.go.id/brs_file/naker_05mei14.pdf (Diakses 12 Oktober 2014 jam 20.20 WIB)

Danim, Sudarwan. 2005. Inovasi Pendidikan: Dalam Upaya Meningkatkan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung : Pustaka Setia

Dawn Rosenberg McKay. 2009.Everything Practice Interview Book: Make The Best and Get The Job You Want. America: Adams Media

Gultom, Syawal. 2009. Implementasi Soft Skill dalam Pembelajaran : Upaya yang Strategis dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Medan: Universitas Negeri Medan

Munib, Achmad. 2012. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UNNES Press

Oemar,Hamalik. 2005. Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 90 Tahun 2014 mengenai Standar Kualifikasi Dan Kompetensi Instruktur Pada Pelatihan Dan Kursus

Porter, Booby De. 2010. Quantum Teaching:Mempraktikkan Quantum Learning Di Ruang-Ruang Kelas . Bandung: Kaifa

Rifa’i, Achmad. 2009. Desain Pembelajaran Orang Dewasa. Semarang: UNNES Press

Sudjana, Djuju. 2007. Sistem dan Manajemen Pelatihan. Bandung: Rosda

Syafrudin. 2002 .Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan. Jakarta: Gramedia Widiasarana

Tarmudji, Tarsis dkk. 2011. Etika dan Kepribadian Guru. Semarang: UNNES Pres

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 mengenai Sistem Pendidikan Nasional

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing & Abstracting