KOMPETENSI PROFESIONAL INSTRUKTUR DALAM PENCAPAIAN “HARD SKILL” PESERTA DIDIK
(1) pendidikan luar sekolah universitas negeri semarang
(2) Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi profesional yang dimiliki instruktur dalam pencapaian “hard skill” peserta didik beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Pendekatan penelitian kualitatif. Subyek penelitian berjumlah 6 orang yaitu 3 instruktur perakitan komputer dan pemrograman dan 3 orang peserta didik perakitan komputer dan pemrograman dengan informan berjumlah 3 orang terdiri dari Kepala UPT LLK Dinsosnakertrans dan 2 Instruktur lain. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, metode dan teori. Teknik analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa instruktur memiliki kompetensi profesional di dalam pencapain “hard skill” peserta didik sesuai dengan delapan indikator kompetensi profesional. Faktor pendukung kompetensi yaitu latar belakang pendidikan instruktur dan lingkungan yang mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu rendahnya motivasi instruktur untuk berinovasi dan berkreativitas, fasilitas yang kurang mendukung, waktu pelatihan yang singkat.
This study aimed to describe what the profesional instructor competence in achieving the hard skills of students along supporting and inhibiting factors. This study used a qualitative approach to data collection through interviews, observation and documentation. The research subjects are 6 people that 3 computer assembly and programming instructor and learners assembly 3 computers and programming with informants totaling 3 consists of the Head of UPT LLK Dinsosnakertrans and 2 other instructors. Data collection through interviews, observation, and documentation. The validity of the data using triangulation source. Data analysis techniques are data collection, data reduction, data presentation and conclusion. The study concluded that are instructors have professional competence in the achievement of hard skills of students in accordance with the eight indicators of professional competence. Factors supporting competencies that instructors educational background and supportive environment. Meanwhile, the inhibiting factor is the low motivation to innovate and creativity instructors, facilities that are less supportive, short training time.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Badan Pusat Statistika. 2014. Berita Resmi Statistik No. 38/05/Th. XVII, 5 Mei 2014 http://www.bps.go.id/brs_file/naker_05mei14.pdf (Diakses 12 Oktober 2014 jam 20.20 WIB)
Danim, Sudarwan. 2005. Inovasi Pendidikan: Dalam Upaya Meningkatkan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung : Pustaka Setia
Dawn Rosenberg McKay. 2009.Everything Practice Interview Book: Make The Best and Get The Job You Want. America: Adams Media
Gultom, Syawal. 2009. Implementasi Soft Skill dalam Pembelajaran : Upaya yang Strategis dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Medan: Universitas Negeri Medan
Munib, Achmad. 2012. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UNNES Press
Oemar,Hamalik. 2005. Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 90 Tahun 2014 mengenai Standar Kualifikasi Dan Kompetensi Instruktur Pada Pelatihan Dan Kursus
Porter, Booby De. 2010. Quantum Teaching:Mempraktikkan Quantum Learning Di Ruang-Ruang Kelas . Bandung: Kaifa
Rifa’i, Achmad. 2009. Desain Pembelajaran Orang Dewasa. Semarang: UNNES Press
Sudjana, Djuju. 2007. Sistem dan Manajemen Pelatihan. Bandung: Rosda
Syafrudin. 2002 .Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan. Jakarta: Gramedia Widiasarana
Tarmudji, Tarsis dkk. 2011. Etika dan Kepribadian Guru. Semarang: UNNES Pres
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 mengenai Sistem Pendidikan Nasional
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing & Abstracting