PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MEMBENTUK KARAKTER POSITF ANAK

Hermawan Pamot Raharjo(1),


(1) Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang

Abstract

Pendekatan Saintifik sangat tepat diterapkan dalam proses pembelajaran di Indonesia Yang paling penting dalam pembelajaran saintifik adalah keilmiahan dalam proses pembelajaran karena akan meningkatkan kualitas peserta didik dengan mengembangkan unsur sikap pengetahuan dan keterampilan siswa. Metode ilmiah merujuk pada teknik-teknik investigasi atas suatu atau beberapa fenomena atau gejala, memperoleh pengetahuan baru, atau mengoreksi dan memadukan pengetahuan sebelumnya. Untuk dapat disebut ilmiah, metode pencarian (method of inquiry) harus berbasis pada bukti-bukti dari objek yang dapat diobservasi, empiris, dan terukur dengan prinsip-prinsip penalaran yang spesifik.Karena itu, metode ilmiah umumnya memuat serangkaian aktivitas pengumpulan data melalui observasi atau ekperimen, mengolah informasi atau data, menganalisis, kemudian memformulasi, dan menguji hipotesis. Sedangkan langkah langkahnya adalah: mengamati, menanya, eksplorasi, mengasosiasi, mengkomunikasikan. Penerapan kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik harus sudah diterapkan sejak dini mulai dari SD, karena diharapkan pendidikan ini berkelanjutan tidak putus sampai dengan SMA dan perguruan tinggi, jika penerapan kurikulum ini benar maka 5 atau 15 tahun mendatang Indonesia akan menjadi negara yang besar yang akan mampu bersaing dengan Negara manapun di dunia.

Scientific approach is very appropriate to be applied in the learning process in Indonesia The most important is the scientific study of scholarship in the learning process because it will improve the quality of learners by developing the element of knowledge attitudes and skills of students. Scientific method refers to the investigative techniques on one or several phenomena or symptoms, acquire new knowledge, or correcting and integrating previous knowledge. To be called scientific, the search method (method of inquiry) should be based on evidence of the object observable, empirical and measurable with the principles of the specific reasoning. Therefore, the scientific method generally includes a series of activities of collecting data through observation or experiment, process information or data, analyze and formulate and test hypotheses. While the steps are the steps: observe, ask, exploration, associate, communicate. Curriculum implementation in 2013 with the scientific approach should have been implemented since the early start of elementary school , because education is expected to have sustained did not break up with high school and college , if the implementation of this curriculum is true then the next 5 or 15 years Indonesia will be a great state to be able to compete with any country in the world .

Full Text:

PDF

References

Badan pengembang sumber daya manusia, Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013, Kemendikbud, tahun 2014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.