PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENJAS ADAPTIF MELALUI MEDIA PERMAINAN RAINBOW FLAG PADA SISWA TUNARUNGU SMPLB NEGERI SEMARANG

Gracia Elora Mujianto(1),


(1) Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil model pembelajaran penjas adaptif melalui media permainan edukatif Rainbow Flag pada siswa tunarungu di SMPLB Negeri Semarang. Permainan Rainbow Flag merupakan pengembangan dari permainan edukatif untuk anak berkebutuhan khusus.Berdasarkan analisis data uji coba diperoleh data evaluasi produk awal yaitu, ahli penjas 70,7% (Baik), ahli pembelajaran I 72,0% (Baik) dan ahli pembelajaran II 86,7% (Baik) uji coba kelompok kecil 88,4% (Baik) dan uji coba lapangan / kelompok besar 92,9% (Sangat Baik). Dari data yang ada dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran penjas adaptif melalui permainan Rainbow Flag dapat digunakan pada siswa tunarungu SMPLB Negeri Semarang. Berdasarkan data yang ada, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran Penjas Adaptif melalui media permainan Rainbow Flag pada siswa Tunarungu SMPLB Negeri Semarang efektif dan layak digunakan pada pembelajaran materi kebugaran jasmani. Bagi guru SLB dapat digunakan sebagai referensi atau alternatif sederhana untuk mengembangkan permainan pada saat proses pembelajaran.


The purpose of this research was to determine the result of an adaptive physical education model of learning through media educational games Rainbow Flag on deaf students in the SMPLB of Semarang State. Rainbow Flag is the development of educational games for children of disability. Based on the data analysis of the trial data showed that initial product evaluation, physical education specialists 70.7% (Good), learning experts I 72.0% (Good) and learning experts II 86.7% (Good) testing a small group 88.4 % (Good) and field trials / large group 92.9% (Very Good). From the available data it can be concluded that the model of adaptive physical education learning through play Rainbow Flag can be used deaf students in SMPLB of Semarang State. Based on existing data, it can be concluded that the development of adaptive learning model Penjas through the media game Rainbow Flag on Deaf students SMPLB of Semarang State effective and feasible to use the learning material physical fitness. For SLB teachers can be used as a reference or a simple alternative to develop the game at the time of the learning process.

Keywords

Development; Media Games Educational; Child Deaf; Adaptive Physical Education

Full Text:

PDF

References

Akmal Imelda. 2006. Menata Rumah Dengan Warna. Jakarta : PT Gramedia.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahagia, Yoyo dan Adang Suherman. 2000. Prinsip-prinsip Pengembangan dan Modifikasi Cabang Olahraga. Jakarta: Dedikbud.

Biro Humas dan Hukum Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga Republik

Indonesia. 2008. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

Depdikbud. 1997. Pola Umum Pembinaan dan Pengembangan Kesegaran Jasmani. Jakarta.

Djumransyah. 2004. Pengantar Filsafat Pendidikan. Malang: Bayu Media Publishing.

Husdarta H.J.S. 2009. Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung : Alfabeta.

Jawandono, Irawan. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Penjas Adaptif Melalui Media Permainan Bangun Pintar Berwarna Pada Siswa Tunarungu SDLB Negeri Semarang. Skripsi. Program Sarjana Universitas Negeri Semarang.

Khumaeni, Eko Heri. 2004. Survei Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Putra Penderita Cacat Tunarungu pada SLB Bagian B Yayasan Widya Bhakti

Semarang Tahun Pelajaran 2003/3004. Skripsi. Program Sarjana Universitas Negeri Semarang.

Ma’mum, Amung dan Yudha M. Saputra. 2000. Perkembangan Gerak dan Belajar Gerak. Jakarta : Depdiknas.

Meimulyani, Yani dan Asep Tiswara. 2013. Pendidikan Jasmani Adaptif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta : Luxima.

Mikarsa, Hera Lestari. 2009. Pendidikan Anak Di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Paturusi, Achmad. 2012. Manajemen Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Pekik, Djoko Irianto. 2004. Pedoman Praktis Berolahraga Untuk Kebugaran dan Kesehatan. Yogyakarta.

Poerwodarminto. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sajoto, Mochamad. 1988. Pembinaan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Jakarta: Depdikbud.

Samsudin. 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP/MTs. Jakarta: Litera.

Sudarmono, Martin. 2010. Pengembangan Model Pembelajaran Sepakbola Melalui Permainan Gawang Ganda Bagi Siswa SMP N 3 Ajibarang Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Program Sarjana Universitas Negeri Semarang.

Sudono, Anggani. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT Grasindo.

Sugiyono. 2009. Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharno, H.P.. 1986. Ilmu Kepelatihan Olahraga. Yogyakarta : FPOK-IKIP Yogyakarta.

Suherman, Adang. 2004. Dasar-dasar Pendidikan Jasmani. Jakarta : Depdiknas.

Tarigan, Beltasar. 2000. Pendidikan Jasmani Adaptif. Departemen Pendidikan Nasional Dasar dan Menengah. Jakarta.

Tim Pengembang Bahan Ajar Program Khusus SLB Tunarungu. 2010. Bina Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama. Jakarta : Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.