PENINGKATAN HASIL BELAJAR SENAM RITMIK SI BUYUNG MENGGUNAKAN LAGU POTONG BEBEK ANGSA KELAS 1 SD NEGERI 1 NOTOG KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2016

Kustati Kustati(1), Uen Hartiwan(2), Supriyono Supriyono2(3),


(1) 1SD Negeri 1 Notog, Banyumas
(2) Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, FIK, Universitas Negeri Semarang
(3) Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, FIK, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa aktivitas ritmik si buyung menggunakan lagu potong bebek angsa bagi peserta didik Kelas 1 SD Negeri 1 Notog Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan adalah peneliti tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri 1 Notog sejumlah 23 siswa yang terdiri dari 14 siswa putra dan 9 siswa putri. Bahwa hasil penelitian aktivitas ritmik senam si buyung menggunakan lagu Potong Bebek Angsa Kelas 1 SD Negeri 1 Notog menunjukan adanya peningkatan belajar siswa dari siklus I (61%) ke siklus II (87%), hal ini juga berarti mengalami kenaikan 26%. Simpulan dalam penelitan ini adalah metode Penjasorkes materi senam ritmik si buyung menggunakan lagu Potong Bebek Angsa dapat meningkatkan hasil belajar Penjasorkes pada siswa Kelas 1 SD Negeri 1 Notog.

 

The aim of this research was to determine the increase in the learning process and student learning outcomes in rhythmic activity of the pitcher using pieces of duck swan song for learners Class 1 SD Negeri 1 Notog Patikraja District of Banyumas. This type of research is a classroom action research. The subjects of this study is the first grade students of SD Negeri 1 Notog number of 23 students consisting of 14 boys and 9 female student. That the results of research activity in rhythmic gymnastics pitcher uses the song Cut Duck Goose Class 1 SD Negeri 1 Notog shows the increase of student learning from the first cycle (61%) to the second cycle (87%), it also means an increase of 26%. The conclusions in this research is the method of rhythmic gymnastics material Penjasorkes pitcher uses the song Cut Duck Goose can improve learning outcomes on student Penjasorkes Class 1 SD Negeri 1 Notog.

Keywords

Learning, Rhythmic Gymnastics, Cut Duck Goose

Full Text:

PDF

References

Achmad Rifa’i RC dan Catharina Tri Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS.

Agus Taufik, Hera L. Mikarsa, dan Puji L. Prianto. 2010. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Aip Syariffudin, dkk. 2007. Azaz dan Falsafah Penjaskes. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arief S. Sadiman. Et al. 2014. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

BNSP. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdikbud.

Catharina Tri Anni. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES.

Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Dini Rosdiani. 2015. Kurikulum Pendidikkan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Djumidar. 2007. Dasar-Dasar Atletik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Edy Purnomo dan Dapan. 2011. Dasar-dasar Gerak Atletik: Yogyakarta: Alfamedia.

Ega Trisna Rahayu. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani: Implementasi pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Eso Suwarso dan Sumarya. 2010. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: PT Hamudha Prima Media.

FIK UNNES, 2014. Pedoman Penyusunan Skripsi. Semarang: FIK UNNES

JS. Husdarta dan Nurlan Kusmaedi. 2010. Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik: Olahraga dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Juari, Wagino, dan Sukiri. 2010. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: PT Hamudha Prima Media.

Mulyani Sumantri dan Nana Syaodih. 2009. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Munasifah. 2008. Atletik Cabang Lompat. Semarang: Aneka Ilmu.

Pupuh Fathurrohman dan Sobry Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar: Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama.

Rudi Susilana dan Cepi Riyana. 2011. Media Pembelajaran: Hakekat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima.

Sri Anitah W, dkk. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono dan Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.