MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KONSEP CAHAYA MELALUI PEMBELAJARAN SCIENCE-EDUTAINMENT BERBANTUAN MEDIA ANIMASI

D. Indriati S.C.P

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep cahaya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 32 Semarang tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 33 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, evaluasi serta analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran science-edutainment berbantuan animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep cahaya.

 

Action research aims to improve student learning outcomes in the concept of light. The subjects were VIIIB grade students of SMP Negeri 32 Semarang academic year 2011/2012, amounting to 33 people. This study was conducted in two cycles. Each cycle consists of stages of planning, action, observation, evaluation, analysis and reflection. Based on these results it can be concluded that the application of science-learning aided edutainment animations can improve student learning outcomes on the concept of light.

Keywords

science-edutainment; media animation; learning outcomes

Full Text:

PDF

References

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran IPA SMP/MTs. Jakarta: Balitbang Depdiknas.

Hong, C and Salika, A. 2011. Action Research in Teacher Education: Classroom Inquiry, Reflection, and Data-Driven Decision Making. Journal of Inquiry & Action in Education, 4(2).

Hui, K. 2007. Report on Edutainment 2007. The Journal of Virtual Reality, Vol 6 (3): 57-58.

Mulyasa. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Ricky, J. S. 2005. Using Virtual Laboratories and Online Instruction to Enhance Physics Education. Journal Of Physics Teacher Education Online. Vol 2 (3).

Wartawan, P.G. 2006. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran PSE (Pendekatan Starter Eksperimen) terhadap Minat dan Prestasi Belajar pada Pelajaran Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 3 (1).

Widiyatmoko, A. 2010. Penerapan Pendekatan Science-edutainment Berbantuan CD Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Minat Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unnes dengan tema Peningkatan Profesionalitas Guru Melalui Publikasi Karya Ilmiah. Semarang, 24 Juli 2010.

Widhi, 2011. Menumbuhkan Karakter Positif Peserta Didik Melalui Sains Edutainment Untuk Menciptakan Suasana Ajel (active joyfull and effective learning). Prosiding Seminar Nasional IPA II FMIPA Unnes dengan tema Membangun Masyarakat Melek (Literate) Sains Yang Berbudaya Dan Berkarakter Bangsa Melalui Pembelajaran Sains. Semarang, 16 April 2011.

Young, M.R. 2011. Action research: enhancing classroom practice and fulfilling educational responsibilities. Journal of Instructional Pedagogie, 25(2): 91-103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.