PEMBELAJARAN BIOLOGI MODEL STAD DAN TGT DITINJAU DARI KEINGINTAHUAN DAN MINAT BELAJAR SISWA

N.D. Muldayanti

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran dengan TGT dan STAD terhadap prestasi belajar biologi ditinjau dari keingintahuan dan minat belajar siswa. Hasil analisis diperoleh (1) ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran dengan TGT dan STAD terhadap prestasi belajar Biologi, (2) ada pengaruh minat belajar tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar Biologi, (3) pengaruh keingintahuan belajar tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar Biologi, (4) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan keingintahuan belajar tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar Biologi, (5) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan minat belajar tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar Biologi, (6) tidak terdapat interaksi antara minat belajar tinggi dan rendah, keingintahuan tinggi dan rendah terhadap prestai belajar Biologi, (7) terdapat interaksi antara metode pembelajaran, keingintahuan tinggi dan rendah, minat belajar tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar Biologi.

 


The purpose of this study was to determine the effect the use of learning methods with TGT and STAD on biology achievement in terms of students’ curiosity and interest in learning. Analysis results obtained (1) There was effect of the use of learning methods with TGT and STAD on Biology learning achievement, (2) There was effect of high and low interest in studying on the Biology learning achievement, (3) study the effect of high and low curiosity on Biology learning achievement, (4) there was interaction between learning method with curiosity to learn high and low on the Biology learning achievement, (5) there was no interaction between learning method with high and low interest in learning to Biology learning achievement, (6) there was no interaction between high and low interest in learning, high and low curiosity to Biology learning achievement, (7) there was interaction between learning method, high and low curiosity, high and low interest in learning to Biology learning achievement, (6) there was no interaction between high and low interest in learning, high and low curiosity to Biology learning achievement.

Keywords

TGT Learning, STAD; students’ curiosity and interest in learning

Full Text:

PDF

References

Ambarini, N. 2010. Penerapan Pembelajaran Aktif Card Sort Disertai Mind Mapping Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VIIE SMP Negeri 5 Surakarta. Jurnal Pembelajaran Biologi. Vol. 1 (1): 1-17.

Baharudin, dkk. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Francis, Adesoji, F and Ibraheem T. 2009. Effect of Student Teams Achievement Divisions Stra-tegy and Mathematics knowlegde on Learning Outcomes in Chemical kinetics. The Journal of International Social Research. Vol. 2 (6): 1-20.

Handayani, F. 2010. Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP N 1 Purwodadi Kabupaten Pasuruan Pada Materi Keragaman Bentuk Muka Bumi. Jurnal penelitian kependidikan. Vol. 20 (2): 167-176.

Hidayat, H. 2010. Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat PDTM. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol. 10 (1): 12-15

Lamba, H. 2006. Penagaruh Pembelajara Kooperatif Model STAD dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Fisika Siwa SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 13(2): 122-128.

Sinambela, M. 2009. Model Pembelajaran Tean Game Tournamen (TGT) untuk mengefektifkan perkuliahan toksikologi. Jurnal pendidikan matematika dan sains. Vol. 4 (1): 41-44.

Winasis, S. 2010. Penerapan Metode Stad Disertai Reward Untuk Meningkatkan Partisipasi dan Penguasaan Konsep dalam Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 3 Nguter. Jurnal Pembelajar Biologi. Vol. 1 (1): 1-14.

Yamin, M. 2004. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta : Gaung Persada Press.

Zakaria, E and Iksan, Z. 2007. Promoting Cooperative Learning in Science and Mathematics. Education: A Malaysian Perspective. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology education. Vol. 3(1) : 35-39.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.