IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN VARIASI METODE BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran biologi ditinjau dari 5 aspek pembelajaran yang meliputi: performance guru, fasilitas pembelajaran, iklim kelas, sikap dan motivasi belajar siswa melalui pene-rapan pendekatan CTL dengan metode problem solving. Hasil penelitian menunjukkan implementasi pendekatan CTL dengan metode problem solving dapat meningkatkan kelima aspek kualitas pembelajaran, meliputi performance guru, fasilitas pembelajaran, iklim kelas, sikap dan motivasi belajar siswa.
Â
The purpose of this research is to improve the quality of biology learning in terms of five aspects of learning which include: performance of teachers, learning facilities, classroom climate, learning attitude and motivation of students through the implementation of CTL approach with problem solving methods. The results showed that implementation of CTL approach with problem solving method can improve the quality of the five aspects of learning, include performance of teachers, learning facilities, classroom climate, students’ attitudes and motivation.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akay, H & Boz, N. 2010. The Effect of Problem Posing Oriented Analyses-II Course on the Attitudes Toward Mathematics and Mathematics Self-Efficacy of Elementary Prospective Mathematics Teachers. Australian Journal of Teacher Education. Vol. 35 (1).
Andarini, T. 2012. Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan CTL Meallui Media Flipchart dan Video Ditinjau Dari Kemampuan Verbal dan Gaya Belajar. (Tesis). Surakarta: Program Studi Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.
Arikunto, S., dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
BSNP. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Ditjenmandikdasmen.
Cahyaningratri, D.P. 2012. Pendekatan CTL Dengan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VIIIC SMP Negeri 27 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. (Skripsi). Surakarta: Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNS.
Dahar, R.W. 2010. Teori Belajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Direktorat Tenaga Kependidikan. 2008. Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Depdiknas.
Gita, I.N. 2007. Implementasi Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan LP UNDIKSHA.
Hakim, L. 2008. Pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan Memanfaatkan Lingkungan sebagai Media Pembelajaran Entomologi. Jurnal Pendidikan Serambi. Vol. 5 (2).
Liliasari. 2011. Peningkatan Kualitas Guru Sains Melalui Pengembangan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Makalah Seminar Nasional Pascasarjana. Bandung: UPI.
Miller, P.M. 2006. Contextual Learning May Be A Better Teaching Model: A Case For Higher Order Learning and Transfer. Proceeding of the Academy of educational Leadership. Volume 11 (2).
Mulyasa, E. 2006. Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sanjaya, W. 2008. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Silver, E.A., Mamona-Downs, J., Leung, S.S, & Kenney, A.P. 1996. Posing Mathematical Problems: An Exploratory Study. Journal for Research in Mathematics Education. Vol.27 (3): 293-309.
Silver, E.A., & Cai, J. 1996. An Analysis of Aritmatic Problem Posing by Middle School Students. Journal for Research in Mathematics Research. Vol. 27 (5): 521-539.
Smith, B. P. 2006. Contextual Teaching and Learning Practices in The Family and Consumer Sciences Curriculum. Journal of Family and Consumer Sciences Education. Vol. 24 (1).
Suparmi. 2012. Penerapan Pendekatan CTL Dengan Model Problem Posing Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X.2 SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. (Skripsi). Surakarta: Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNS.
Toharudin, U. 2012. Membangun Literasi Sains Siswa. Bandung: Humaniora.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Tugrul, et all. 2010. The Relation between The Problem Posing and Problem Solving Skills of Pospective Elemnentary Mathematics Teachers. Procedia Social and Behavioral Sciences. Vol. 2: 1577-1583.
Uno, H.B. 2010. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyuni, S. 2012. Pendekatan CTL dengan Metode Problem Solving dan Problem Posing Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berkomunikasi Verbal. (Tesis). Surakarta: Program Studi Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.
Wenner, G. 2001. Science and Mathematics Efficacy Beliefs Held by Practicing and Prospective Teachers: a 5-year perspective. Journal of Science Education and Technology. Vol 10 (2): 181-187.
Widoyoko, S. 2008. Pengembangan Model Evaluasi Kualitas dan Output Pembelajaran IPS di SMP. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol.11 (1).
Zimmerman, B.J., Bandura, A., & Martinez-Pons, M. 1992. Self-motivation for Academic Attainment: The Role of Self efficacy Beliefs and Personal Goal Setting. American Educational Research Journal. Vol. 29: 663-676.
Refbacks
- There are currently no refbacks.