PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS INTEGRASI ISLAM-SAINS UNTUK PESERTA DIDIK DIFABEL NETRA MI/SD KELAS 5 SEMESTER 2 MATERI POKOK BUMI DAN ALAM SEMESTA
Abstract
Tujuan penelitian untuk menghasilkan modul pembelajaran sains Madrasah Ibtidaiyah untuk peserta didik difabel netra berbasis integrasi Islam-sains yang memiliki karakter tertentu. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Modul pembelajaran yang telah dikembangkan mendapatkan penilaian baik menurut penilaian ahli media, pendidik SD dan SLB, dengan persentase keidealan 74,31%. Berdasarkan hal tersebut, modul Braille ini layak digunakan peserta didik sebagai media belajar mandiri dalam melaksanakan pembelajaran sains.
Â
For research purposes is to produce science learning modules Madrasah Ibtidaiyah for learners with disabilities blind Islam-science-based integration with certain characteristics. This research is development research. Learning modules that have been developed to get good ratings according to media expert assessment, elementary and special educators, with a percentage of 74.31% ideals. Based on this, the Braille module learners fit for use as a medium of self study in implementing science lessons.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. 2011. Buah Cemara Integrasi dan Interkoneksitas Sains dan Ilmu Agama. Hunafa: Jurnal Studia Islamika. 8 (1): 1-25.
Drost, P. 2003. Pendidikan Sains yang humanistis. Yogyakarta: Kanisius.
Dwi, M. 2010. Pelaksanaan Pembelajaran Model Modifikasi Bahan Ajar Siswa Tunanetra Di SMP Negeri 4 Wonogiri. Tesis. Surakarta: Program Studi Teknologi Pendidikan Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Hidayat, W. 2010. Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah yang Terpadu. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 1 (1): 76-83.
Parmin. 2009. Aktivitas Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA melalui Lesson Study. Jurnal Varia Pendidikan, 21 (1): 1-11.
Redhana, I. W. 2003. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran kooperatif dengan Strategi Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 3 (2): 20-32.
Rudiyati, S. 2012. Pembelajaran Membaca dan Menulis Braille. Jurnal Asesmen dan Intervensi Anak Kebutuhan Khusus, 9 (1): 64-72.
Sheppard, K. 2006. “High School Students’ Understanding of Titrations and Related Acid-Base Phenomenaâ€. Chem. Educ. Res.Pract, 7(1): 32-45.
Subagya. 2004. Adaptasi Wechsler Intelligence Scale For Children (WISC) Untuk Anak Tunanetra. Jurnal Penelitian Widya Tama. 2 (1): 32-44.
Refbacks
- There are currently no refbacks.