PROFIL KESADARAN DAN STRATEGI METAKOGNISI MAHASISWA BARU PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS ISLAM RIAU PEKANBARU
Abstract
Telah dilakukan penelitian survai terhadap mahasiswa baru Pendidikan Biologi FKIP UIR tahun ajaran 2013/2014 untuk mengetahui profil kesadaran dan strategi metakognitifnya. Populasi penelitian adalah mahasiswa baru Pend. Biologi tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 6 kelas paralel. Sampel yang digunakan sebanyak 77% dari total populasi mahasiswa. Dengan analisis deskriptif menunjukkan bahwa mahasiswa yang masuk dalam kategori Masih belum berkembang (MBB) telah tidak ada (0 %). Sebanyak 3,24% mahasiswa masuk dalam kategori belum begitu berkembang (BBB); 25,41% mahasiswa masuk ke dalam kategori mulai berkembang (MB); 62,70% masuk ke dalam kategori sudah berkembang baik (SBB atau OK); dan 8,65% mahasiswa masuk pada kategori super atau berkembang sangat baik. Sebanyak 39,45% telah dilatihkan menggunakan strategi metakognitif dalam belajar seperti membuat ringkasan (26,5%), menggaris bawahi bacaan (8,65%),membuat peta konsep (6,48%), dan membuat jembatan keledai/ titian ingatan (1,08%).
A research survey among new students of Biology Faculty of Teacher Education UIR academic year 2013/2014 to determine the profile and awareness of metacognitive strategies. The study population was a new student Pend. Biology of the school year 2013/2014 as much as 6 parallel classes. The sample used by 77% of the total student population. With descriptive analysis showed that students who fall into the category of still undeveloped (MBB) has no (0%). A total of 3.24% of students in the category of less developed (BBB); 25.41% of students fall into the category began to grow (MB); 62.70% belong to the category are well developed (SBB or OK); and 8.65% of students entered in the category of super or growing very well. A total of 39.45% has been trained in the use of metacognitive learning strategies such as preparing a summary (26.5%), underlining the reading (8.65%), create a concept map (6.48%), and create mnemonics / memory bridge (1.08%).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amnah, S, 2011. Profil Guru Biologi Kota Pekanbaru dalam Pelaksanaan Pembelajaran. Makalah Seminar Nasional Pendidikan dilaksanakan oleh Yayasan Pendidikan Cendana Pekanbaru. 10 Juni 2011.
Blakey, Elaine-Spence,Shela.1990. Developing Metacognition. (On line), (Eric Digest. http://www. Ericdigest.org/eric/digest.HTML. diakses 11 Maret 2006).
Green. 2002. Better Thinking Better Learning. (Online). (http://curriculum.pgwe.gov.za/currhome/betterthink/index htm, diakses tanggal 6 Oktober 2007.
Ku, Kelly Y.L and Ho, Ivone T. 2010. Metacognitive Strategies that Enhance Critical Thinking. (on line). (http://www.link.springer.com. Diakses 8 April 2014).
Livingstone, Jeniver,A. 1997. Metacognition: An Overview. (Online), Diakses tanggal (http://www.gse.buffalo.edu/fas/shuell/cep564/-metacog.html. 18 September 2006).
Mulyasa. 2005. Menjadi Guru profesional. Jakarta: Bumi Aksara
Nur, M. 2001. Model Pembelajaran Kooperatif. Makalah pada Overseas fellowship Program Contextual Learning Materials Development.Proyek Peningkatan Mutu SLTP Jakarta Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan nasional in Collaboration with University of Washington Collage of Education, State University of Malang, and LAPI-ITB.
Nuryani R. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press
Pauline, Minier (2000). Constructivisme. (Online), (Ijigs.scit. wlv.ac.uk /margot Kaszap.pdf. diakses tanggal 13 September 2007).
Pierce, W. 2003. Metacognition: Study Strategies, Monitoring, and Motivation. (Online), (http://www.MCCCTR homepage. diakses tanggal 15 April 2007).
Slavin, Robert E. 1994. Educational Psycology. (4th ed.). USA: Allyn and Bacon.
Soetjipto dan Kosasi,R. 1994. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.