PENGARUH BERPIKIR KREATIF DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN TES OPEN ENDED

T. I. Hartini, A. Kusdiwelirawan, I. Fitriana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemikiran kreatif dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah ( PBL ) terhadap prestasi belajar siswa dengan tes fisika terbuka berakhir . Hipotesis penelitian ini adalah ada pengaruh pemikiran kreatif dengan model PBL prestasi fisika siswa melalui tes terbuka berakhir . Penelitian ini dilakukan di Al - Hidayah MTs Cinangka kelas VIII pada semester kedua tahun akademik 2012/2013 . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre - Eksperimental . Dengan target dari populasi siswa seluruh MTs Al - Hidayah Cinangka , sedangkan populasi keterjangkauan siswa kelas VIII . Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes seperti penelitian berakhir terbuka dalam bentuk narasi . Instrumen penelitian sebelum diberikan kepada objek penelitian dilakukan sebelum uji validitas instrumen tes, uji reliabilitas , uji dan uji tingkat kesulitan membedakan . Uji validitas rumus product moment diperoleh 17 pertanyaan yang valid dan 3 pertanyaan yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas dengan alpha formula untuk rhitung = 0,81 > 0.361 = r tabel. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu diuji normalitas dengan persyaratan tes dan uji uji homogenitas Lilliefors menggunakan uji Bartlet . Uji normalitas diperoleh Lhitung = 0,091 < 0,161 = Ltabel dapat disimpulkan bahwa sampel terdistribusi secara normal . Hasil perhitungan yang diperoleh X2 hitung = 6,83991 , dan X2 tabel = 30,1 tabel dapat disimpulkan dalam dua kelas X2 hitung < X2 tabel . Dengan demikian H0 diterima dan kelas dalam keadaan homogen . Deskripsi hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata untuk pre -test dari 49,3 , sedangkan nilai rata-rata 79,2 untuk post-test berarti ada peningkatan prestasi siswa . Sedangkan Hipotesis pengujian menggunakan uji-t diperoleh thitung = 2.53 > 1,994 = t tabel dengan menggunakan tingkat signifikansi = 0,05 . Ini berarti terima H0 , maka hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat pemikiran kreatif yang signifikan dengan menggunakan model PBL prestasi siswa fisika menggunakan uji terbuka berakhir.

 


This study aims to determine whether there is influence creative thinking by using the model Problem Based Learning (PBL) to the learning achievement of students with a physics test open ended. The hypothesis of this research is there influence creative thinking with the PBL model of physics achievement tests students through open ended. This study was conducted at Al-Hidayah MTs Cinangka Class VIII in the second semester of academic year 2012/2013. The method used in this research is the Pre-Experimental. With the target of the entire student population of MTs Al-Hidayah Cinangka, while the population of the class VIII student affordability. Data collection techniques using test instruments such as open ended research in narrative form. The research instrument before given to the object of research is done before the test instrument validity test, reliability test, test and test level difficulty distinguishing. Test the validity of the product moment formula obtained 17 valid questions and 3 questions that are not valid, while the reliability test with alpha formula for rhitung = 0.81> 0.361 = r table. Before the data were analyzed first tested for normality with the requirements of the test and the Lilliefors test homogeneity test using the test Bartlet. Normality test obtained Lhitung = 0.091 <0.161 = Ltabel it can be concluded that the samples are normally distributed. Calculation results obtained X2 hitung = 6.83991, and X2 tabel = 30.1 table it can be concluded in the second class X2 hitung < X2  tabel. Thus H0 is accepted and classes in a homogeneous state. Description of the results of the analysis of data obtained average values for pre-test of 49.3, while the average value of 79.2 for the post-test means there is an increase in student achievement. Whereas Hypothesis testing using t-test obtained thitung = 2.53> 1.994 = t table using a significance level of = 0.05. This means thank H0, then the results of this study concluded that there are significant creative thinking using the PBL model of physics student achievement using test open ended.

Keywords

Model Problem Based Learning (PBL); open ended test; creative thinking

Full Text:

PDF

References

Ahmadi Abu. 1991. Teknik Belajar yang Efektif. Jakarta: Rineka Cipta

Arends Richard I. 2008. Learning To Teach (Belajar untuk Mengajar). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arifin Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya

Arikunto Suharsimi. 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

-------------------------- 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Muijs Daniel & David Reynolds. 2008. Effective Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Gie The Liang. 1995. Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Liberty

Gene E Hall. 2008. Mengajar dengan Senang. Jakarta: Indeks

Hermana Maman dkk. 2008. IPA Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Piranti

Kamjaya. 2002. Fisika Jilid 2 untuk SLTP Kelas 2. Jakarta: Ganeca

Koesdriyanto Sugeng. 2005. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Malang: UNM

M Nur Ghufron. 2012. Gaya Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Nurcahya Dwi. 2012. Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Kimia. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Riduwan. 2004. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Ruseffendi E T. 1988. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetisinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan

Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia

Sagala Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sanjaya Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media

S C Utami Munandar. 1988. Kreativitas Sepanjang Masa. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Sears & Zemansky. 2002. Fisika Universitas. Jakarta: Erlangga

Sudijono Anas. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Suherman Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI

Sugiyarti Henik. 2005. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMPN I Tambakromo Kabupaten Pati Melalui Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah. Semarang: Univ. Negeri Semarang

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sumaji dkk. 1988. Pendidikan Sains yang Humanistis. Yogyakarta: Kanisius

Supiyanto. 2006. Fisika untuk SMA Kelas X. Jakarta: Phibeta

Supriadi Oding. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta

Syilvianah. 2010. Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Cahaya Bernuansa Nilai. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Tim UHAMKA. Pedoman Penulisan Skripsi. 2007. Jakarta: UHAMKA

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi pustaka

---------- 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka

Yahdi Umar. 1990. Pengantar Fisika Mekanika. Depok: Gunadarma

Refbacks

  • There are currently no refbacks.