PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERKARAKTER PEDULI LINGKUNGAN TEMA “KONSERVASI” BERPENDEKATAN SCIENCE-EDUTAINMENT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran IPA terpadu berkarakter peduli lingkungan pada tema konservasi dengan pendekatan science-edutainment. Metode yang dipakai untuk mencapai tujuan yaitu melalui penelitian pengembangan (Development Research) yang diarahkan untuk mengembangkan media pembelajaran IPA terpadu berkarakter peduli lingkungan tema konservasi bagi siswa SMP, yang berupa puzzle, crossword maupun squareword berbasis TIK. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA terpadu tema konservasi mengalami peningkatan. Secara keseluruhan peningkatan (gain) hasil belajar sebesar 0,85 yang artinya peningkatannya dengan kriteria tinggi. Rata-rata total skor indikator karakter peduli lingkungan adalah 93,75 yaitu telah menunjukkan kriteria membudaya (MK) dikalangan siswa.
The aim of this research is to develop a character integrated science learning media on the theme of conservation with science edutainment approach. The method used to achieve the goal of development through Research and Development (R and D) is directed to develop media integrated science learning environment characterized by caring conservation theme for junior high school students, in the form of puzzles, crossword and ICT-based squareword. The results of this study indicate that the integrated science learning outcomes increased conservation theme. Overall of the improvement (gain) learning outcomes of 0.85, means increase with height criteria. The average total score of the indicator is 93.75 environmentally conscious characters that have shown entrenched criteria (MK) among students.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, M. 2010. Pendidikan Lingkungan Hidup dan Masa Depan Ekologi Manusia. Jurnal Forum Tarbiyah, 8: 57-71.
Akhtar, A. dan Akbar, R. 2011. Use of Media for Effective instruction its Importance: Some Consideration. Journal of Elementary Education, 18 (1): 35-40.
Alimah, S. 2012. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Embriogenesis Untuk Mengoptimalkan Pemahaman Kognitif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1 (2): 131-140.
Bisri, K., Samsudi, dan Supraptono. 2009. Efektifitas penggunaan metode pembelajaran elearning Berbasis browser based training terhadap Prestasi belajar siswa pada kompetensi pemeliharaan/servis transmisi manual dan komponen. Jurnal PTM , 9 (1): 37-42.
Haryoko, S. 2009. Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Media Pembelajaran. Jurnal Edukasi@Elektro, 5 (1): 1-10.
Kresnawati, N. 2013. Korelasi Kualitas Pembelajaran Geografi dan Hasil Belajar Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas XII IPS SMAN 1 Ponorogo. Jurnal PB, 1 (3): 298-303.
Nenggala, A.K. 2007. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Bandung: Penerbit Grafindo Media Pratama.
Nugroho, A. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek Dengan Metode USDP (Unifeld Software Development Process). Yogyakarta: Penerbit Andi.
Prasetyo, A.T, Priatmoko, S., Miftakhudin. 2008. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Pendekatan Chemo-Edutainment Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2 (2): 287-293.
Rigas, D. dan Ayad, K. 2010. Using edutainment in e-learning application: an empirical study. International Journal Of Computers, 1 ( 4): 36-43.
Setyowati, R., Parmin, dan Widiyatmoko, A. 2013. Pengembangan Modul IPA Berkarakter Peduli Lingkungan Tema Polusi Sebagai Bahan Ajar Siswa SMK N 11 Semarang. Unnes Science Education Journal, 2 (2) : 243-253.
Widiyatmoko, A. dan Pamelasari, S.D. 2012. Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan Alat Peraga IPA Dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1): 51-56.
Refbacks
- There are currently no refbacks.