Pembelajaran Pendidikan Jasmani Melalui Permainan Tradisional Bolgrang Siswa Kelas V SDN Gedong 03 UPTD Pendidikan Kecamatan Banyubiru Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014

Nuri Sri Widi Astuti

Abstract

Penelitian bertujuan: 1) Menghasilkan permainan bolgrang dalam pembelajaran SD, 2) Menghasilkan permainan bolgrang yang efektif, 3) Menguji permainan bolgrang sebagai media pembelajaran SD. Metode penelitian :1) Modifikasi permainan bolgrang meningkatan aspek psikomotor, kognitif dan afektif, 2) Modifikasi permainan bolgrang efektif meningkatkan kebugaran jasmani, 3) Modifikasi permainan bolgrang sebagai alternatif pembelajaran. Kesimpulan, permainan bolgrang menghasilkan produk efektif untuk keterampilan gerak dan nilai karakter disiplin, tekun, tanggung jawab, ketelitian, kerja sama, toleransi, percaya diri, dan keberanian.

Keywords

Pengembangan; Permainan Tradisional Bolgrang; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References

Depdiknas. 2006. Panduan Pengem-bangan Silabus . Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.

Doyin, M. 2009. Karya Tulis Ilmiah Bentuk dan Teknik Penelitiannya. Semarang : Bandunganinstitute.

Kristiyanto, A. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta : UNS.

Nurhaji, E. 2012. Bukan Guru Asal Mengajar. Yogyakarta : Gava Media.

Utomo, E. 2010. Model Bahan Ajar Internalisasi Nilai-Nilai Pendi-dikan Budaya dan Karakter Bangsa Menggunakan Pende-katan Belajar Aktif melalui Pelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga untuk Sekolah Dasar. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.

Waharsono. 2007. Pengembangan Konsep Penjaskes dan Kemampuan Jasmani. Jakarta: Universitas Terbuka.


View Counter: Abstract - 204 and PDF - 715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.