Peningkatan Keterampilan Berpidato Melalui Teknik ATM (Amati Tiru Modifikasi) Berbasis Kartu Acak Pada Peserta Didik Kelas IXd SMP Negeri 2 Banyubiru Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015

Budiyanti Budiyanti

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan kompetensi berpidato dan perubahan perilaku siswa dengan menggunakan model pembelajaran ATM (Amati Tiru Modifikasi) Berbasis  Kartu Acak  pada Peserta Didik Kelas IX D SMP Negeri 2 Banyubiru semester 2 tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Pengambilan data nontes berupa pedoman observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Analisis data dilakukan dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil tes berpidato mengalami peningkatan terbukti dari rata-rata tes berpidato 75,83 (siklus I) dan 83,33 (siklus II). Ada perubahan perilaku yaitu keaktifan, tanggung jawab, percaya diri, keberanian dan peserta didik meningkat.

Keywords

Berpidato; Amati Tiru Modifikasi (ATM); Kartu Acak

Full Text:

PDF

References

Aqib, Zaenal. 2010. Profesioanalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Percetakan Insan Cenedekia.

Anindyarini, Atikah. dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP kelas IX. Jakarta: Pusat Perbukuan Depatemen

Narwanti, Sri. 2011. Creative Learning, Kiat Menjadi Guru Kreatif dan Favorit. Yogyakarta: Familia.

Nugraha, Adrian R. 2009. Pandai Berpidato Bandung: PT Gading Inti Prima.

Tarigan, Henry Guntur. 1983. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa 1983

Wiyanto, Asul. 2008. Belajar Pidato Untuk Pemula. Semarang: CV Aneka Ilmu, Anggota Ikapi.


View Counter: Abstract - 573 and PDF - 2071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.