Peningkatan Keterampilan Berpidato Melalui Teknik ATM (Amati Tiru Modifikasi) Berbasis Kartu Acak Pada Peserta Didik Kelas IXd SMP Negeri 2 Banyubiru Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015
Abstract
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan kompetensi berpidato dan perubahan perilaku siswa dengan menggunakan model pembelajaran ATM (Amati Tiru Modifikasi) Berbasis Kartu Acak pada Peserta Didik Kelas IX D SMP Negeri 2 Banyubiru semester 2 tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Pengambilan data nontes berupa pedoman observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Analisis data dilakukan dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil tes berpidato mengalami peningkatan terbukti dari rata-rata tes berpidato 75,83 (siklus I) dan 83,33 (siklus II). Ada perubahan perilaku yaitu keaktifan, tanggung jawab, percaya diri, keberanian dan peserta didik meningkat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Zaenal. 2010. Profesioanalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Percetakan Insan Cenedekia.
Anindyarini, Atikah. dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP kelas IX. Jakarta: Pusat Perbukuan Depatemen
Narwanti, Sri. 2011. Creative Learning, Kiat Menjadi Guru Kreatif dan Favorit. Yogyakarta: Familia.
Nugraha, Adrian R. 2009. Pandai Berpidato Bandung: PT Gading Inti Prima.
Tarigan, Henry Guntur. 1983. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa 1983
Wiyanto, Asul. 2008. Belajar Pidato Untuk Pemula. Semarang: CV Aneka Ilmu, Anggota Ikapi.
View Counter: Abstract - 546 and PDF - 2043
Refbacks
- There are currently no refbacks.