Upaya Meningkatkan Minat Membaca siswa SMA Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbantuan Infografis Pada Pembelajaran Sejarah

Noor Hikmah, Ika Widya Kusumastuti, Hamdan Tri Atmadja

Abstract

Tujuan penelitian ini: (1)mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan infografis pada pembelajaran sejarah peminatan kelas XI IPS 1 SMA Negeri 13 Semarang tahun ajaran 2017/2018. (2)menjelaskan peningkatan minat membaca pada pembelajaran sejarah peminatan kelas XI IPS 1 SMA Negeri 13 Semarang tahun ajaran 2017/2018 setelah melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan infografis. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan minat membaca peserta didik setelah melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbatuan infografis. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata presentase hasil analisis angket respon peserta didik dari siklus I ke II, rata-rata presentase hasil analisis lembar pengamatan observer (guru sejawat) terhadap peserta didik selama KBM dari siklus I dan II mengalami peningkatan sebesar 8%, dan hasil analisis rata-rata presentase pengamatan observer terhadap guru kelas selama KBM di kelas mengalami peningkatan sebesar 3%. Adanya minat peserta didik ini juga dapat dilihat ciri-ciri seseorang yang memiliki minat menurut Walgito, dari 5 indikator yang ada terdapat 3 indikator dari hasil analisis angket respon peserta didik yang tidak terdapat peningkatan. Meskipun demikian, ketiga indikator tersebut telah memenuhi kriteria indikator pencapaian dalam penelitian ini yaitu cukup, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan minat membaca, meskipun tidak terlalu signifikan. Saran yang dapat diberikan yaitu media infografis mengenai Kerajaan Demak dan Kerajaan Lombok yang dikembangkan dalam penelitian ini dapat digunakan dalam pembelajaran Sejarah Indonesia.

Keywords

Peningkatan; Minat Membaca; CIRC; Infografis; Pembelajaran Sejarah

Full Text:

PDF

References

Aldila, Taufiq Harpan. 2016. “Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Indonesia Berbentuk Kumpulan Infografik Materi Pokok Kerajaan Islam di Jawa Kelas X Tahun Ajaran 2015/2016 di SMA N 2 Kudus”. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas : Untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.

Garvey, Brian; dan Krug, Mary. 2015. Model - Model Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah. Yogyakarta: Ombak.

Glasgow, Dale. 1994. Information Illustration.Addison-Wesley Publishing Company.

Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jogiyanto. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Lankow, Jason dkk. 2014. Infografis: Kedasyatan Cara Bercerita Visual. Jakarta: PT GramediaPustakaUtama.

Pahlevi, Andreas Syah. 2013. “Aplikasi Infografis Dalam Kampanye Sosial Untuk Mendukung Aktivitas Corporate Social Responsibility De Tanjung”. Thesis. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rafie, Muhammad Hanif. 2015. “Pengaruh Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Dengan metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Labaksiu Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

RC Rifa’i, Achmad., dan Anni, Catharina Tri. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: Pusat Pengembangan MKU/MKDK-LP3 Unnes.

Saleh, Abdul Rahman., dan Wahab, Muhbib Abdul. 2004. Psikologi: Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Prenda Media.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudarma, I Komang. 2015. Pesan-pesan Kajian Analistis Desain Visual. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Theresia, Sumini. 2016. “Konstruksi Nilai-Nilai Karakter Melalui Paradigma Pedadogi Refleksi (PPR) dalam Materi Sejarah Maritim untuk SMA”. Makalah pada Konferensi Nasional Sejarah X di Hotel Grand Sahid Jakarta. Jakarta, 7-10 November.

Walgito, Bimo. 2003. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.

Wicandra, Obed Bima.2001. Skripsi Memahami Wacana Infografis: Sebuah Kajian Semiotik dengan Kasus Infografis pada Seksi Deteksi Harian Jawa Pos Edisi Bulan Februari-Bulan Oktober 2000. Yogyakarta: Institut Seni Indonesia.


View Counter: Abstract - 2293 and PDF - 3851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.