Penerapan Model Student Team Achievement Division (Stad) Dengan Media Permainan Ular Tangga (Snakes And Ladders Game) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Pada Materi Kerajaan Hindu – Budha
Abstract
Ketercapaian pengetahuan dalam pembelajaran sejarah memerlukan peran aktif peserta didik agar dalam hasilnya nanti tercapai tidak hanya pengetahuan mendasar tetapi juga pemahaman penuh. Peran serta siswa yang memberikan pengaruh pada hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini penulis berkeinginan mengurai hambatan yang menyebabkan rendahnya hasil belajar dan peran serta siswa dalam pembelajaran. . Berdasarkan kesulitan yang dihadapi peserta didik diatas peneliti merancang sebuah penelitian yang Berjudul Penerapan Model Student Team Achievement Division (STAD) dengan Media Permainan Ular Tangga (Snakes And Ladders Game) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah pada Materi Kerajaan Hindu – Budha Siswa Kelas XI IPS 3 Tahun Ajaran 2017/2018 di SMA Negeri 1 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru sekaligus sebagai peneliti, dalam setiap pertemuannya dibantu oleh 1 orang pengamat , subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Semarang pada semester II tahun pelajaran 2017 / 2018 dengan jumlah 29 orang yang terdiri atas 19 siswa laki – laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, tiap siklusnya terdiri dari 3 pertemuan dan 2 pertemuan. Pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi, pendokumentasian serta nilai hasil observasi dan angket. Berdasarkan proses tindakan yang dilaksanakan dalam dua siklus tersebut, dapat diidentifikasi peningkatan nilai kognitif. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh pada siklus I sebesar 75,86 dan siklus II sebesar 83,58. Hasil perhitungan diperoleh peningkatan rata-rata partisipasi aktif siswa pada siklus I sebesar 77 % menjadi 80 %. Hasil perhitungan untuk motivasi belajar siswa diperoleh hasil pada siklus I sebesar 81% menjadi 86%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agung. 2013. Menghasilkan Guru Kompeten dan Profesional. Jakarta: Penerbit Bee Media Indonesia.
Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yama Widya.
Sadiman, Arief. 2011. Media Pendidikan: pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Arsyad. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Bahri, Djamarah. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Dimyati, Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Kochhar, S.K. 2008. Pembelajaran Sejarah: Teaching of Histoory. Jakarta: PT Grasindo.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media.
Slavin, E. Robbert. 2010. Cooperative Learning Teori: Riset dan Praktek. Bandung: Nusa Media.
Sudjana, 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT Rosdakarya Offiset.
Sudjana, Rivai. 2009. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Argesindo Offiset.
Sugiyono. 2010. Statistika untuk Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, Arikunto. Suharjono, Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Wiyanarti, 2012. Model Pembelajaran Kontekstual dalam Pengembangan Pembelajaran Sejarah. Jurnal.
View Counter: Abstract - 666 and PDF - 621
Refbacks
- There are currently no refbacks.