Reropa: Kolaborasi Tiga Teknik Cooperative Learning dalam Pembelajaran Grammar pada Keterampilan Menulis Peserta Didik Kelas XI

Sri Wahyuni, Isti Nurhayati, Novia Trisanti

Abstract

Tujuan penelitian ini (1) menjelaskan langkah dan hasil proses penerapan teknik REROPA (2) mendeskripsikan aktivitas pembelajaran yang terjadi selama proses pembelajaran dengan penerapan teknik REROPA. Peserta didik SMAN 13 Semarang memiliki motivasi yang tinggi dalam belajar bahasa inggris. Namun, hal tersebut tidak didukung dengan pengetahuan dasar yang dimiliki oleh para peserta didik terutama tentang tata bahasa (grammar). Oleh sebab itu, pencapaian kompetensi para peserta didik tidak bisa terpenuhi secara maksimal. Menulis merupakan salah satu kompetensi inti dalam pembelajaran bahasa inggris yang harus dicapai. Kompetensi ini berbanding lurus dengan kompetensi berbicara. Untuk mampu berbicara dengan baik dan benar, peserta didik mampu membuat tulisan yang baik dan benar pula. Berdasarkan kondisi yang tersebut, akan digunakan model pembelajaran REROPA. Berdasarkan penelitian, diperoleh hasil bahwa terjadi kenaikan prosentase hasil penugasan menulis peserta didik sebesar 21,2% yang berarti bahwa penerapan model tersebut membantu belajar peserta didik. Selain itu, peningkatan kinerja guru dan kualitas proses pembelajaran juga terjadi yakni masing-masing sebesar 4% dan 9%.

Full Text:

PDF

References

Alexander, L.G.. 1990. Longman English Grammar Practice for Intermediate Students. UK: Longman Group UK Limited.

Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: CV Yrama Widya.

Emzir. 2010. Metode Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo.

Harmer, Jeremy. 2004. How to Teach Writing. UK: Pearson Education Limited.

Henderson, Michael M. T.. 1985. The Interlanguage Notion. Journal of Modern Language Learning. 21: 23 – 27.

Northern Ireland Curriculum. .Language and Literacy in the Foundation Stage Writing an Early Years Literacy Interboard Group. Sydney: CCEa (Council for thr Curriculum Examinatios and Assessment).

Ramli, Doni. 2013. “An Analysis on Students’ Errors in Writing Recount Text. Pontianak: a research journal Tanjungpura University.

Rinuolucri, Mario. 1984. Grammar Games – Cognitive, Affective, and Drama Activites for EFL Students. New York: Cambridge University Press.

Sugiyono.2010.Metode Peneliian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilohadi, Gunarso dan Arif Setyayoga. 2009. Panduan Teknis Peningkatan Mutu Pembelajaran Bahasa Inggris. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan. 1995. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa . Bandung: Angkasa.


View Counter: Abstract - 290 and PDF - 363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.