Metode Penugasan Membuat Ringkasan Sebagai Alternatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Hewan (Animalia) Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pangkalpinang
Abstract
Kajian ini bertujuan untuk mengevaluasi apakah metode penugasan membuat ringkasan dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar belajar tentang ilmuhewan (Animalia) siswa kelas X SMA Negeri 1 Pangkalpinang. Metode yang dilakukan pada kajian ini adalah dengan membagi kelompok topik tentang Animalia yang akan diringkas oleh para siswa dengan menggunakan buku pegangan sebagai sumber bacaan. Hasil ringkasan dipresentasikan pada pertemuan berikutnya dan dilanjutkan dengan kegiatan penilaian hasil belajar sesuai dengan kelompok materi. Kegiatan pembelajaran ini dilakukan sebanyak empat tahap. Pada akhir pembelajaran, setiap hasil ringkasan dikumpulkan dan dicetak dalam sebuah buku saku. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa metode penugasan membuat ringkasan berdampak positif terhadap hasil belajar siswa yang ditandai dengan prosentase nilai di atas KKM (Kelulusan Minimum) dan nilai rata-rata kelas yang telah dicapai dengan baik oleh lima kelas. Hasil ringkasan dicetak dalam bentuk buku saku dalam berbagai macam ukuran sesuai dengan kesepakatan dan kreatifitas kelompok. Kajian ini semoga dapat menjadi inspirasi bagi guru lain dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran lain.
The study is aimed at evaluating the summarizing assignment method whether or not it can be used to increase learning results of the X grade studentsof SMA Negeri 1 Pangkalpinang at animal science (Animalia). The method applied in this study is done by dividing some topic groups of Animalia to be summarized by the students using given text book as a resource of material. The summary results are then presented at the next meeting and followed by an evaluation of the learning achievement based on each topic group. These activities are repeated in four phases. At the end of the study, every summary is collected and printed in a pocket book format. The results of the study show that the summarizing assignment method positively affected the learning results of the students, indicated by the percentage of value which is above the KKM (the minimum passing grade) and the average class values obtained by the students in five different classes. The resulted summaries were printed in pocket books with the sizes of books agreed among the group members. It is expected that the study can inspire other teachers in increasing learning results at other topics of science.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Djamarah (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Ningrum, I.D.K. (2014). Pengaruh Pembelajaran Tugas Kelompok Berdasarkan Survey Lapangan (Outdoor Study) Terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah dan Hasil Belajar Geografi Materi Permasalahan Kependudukan dan Penanggulangannya,
http://jurnalonline.um.ac.id/data/artikel/artikel1EB9A68159E9F4AB01663CB091FB3CAA66.pdf,2014)
Rahmawati, D dan R.H, Anggraini. (2012). Implementasi Metode Penugasan dalam Materi Energi Cahaya di MI Kedung Peluk.Universitas Muhamadiyah Sidoarjo (http://eprints.umsida.ac.id/3751/) (diakses Juni 2015)
Kustrapsila, P.S dan Hartati, S.C.Y. (2013). Pengaruh Metode Penugasan Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Terhadap Hasil Belajar Dribbling Sepak Bola. (Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 1(02), 269 – 299)
Sanjaya, W (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group,
Sutikno, M.S (2013). Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica
Syaiful, S. (2009). Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Wijaya, J. (2007). Aktif Biologi Pelajaran Biologi Untuk SMA/MA. Jakarta : Ganeca Exact
Wijaya. (2012). Metode pemberian tugas. [online]. Tersedia. (http://www.google.com.Metodepemberiantugas. ( diakses pada Juni 2015)
View Counter: Abstract - 607 and PDF - 356
Refbacks
- There are currently no refbacks.