Implementasi Karakter Tanggung Jawab Kelas VIIE dan VIIH SMP Negeri 7 Muaro Jambi
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIIE dan VIIH SMP Negeri 7 Muaro Jambi Tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rasa tanggung jawab siswa pada proses pembelajaran di sekolah pada kelas VIIE dan VIIH SMP Negeri 7 Mauro Jambi.Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif menggunakan prosedur penelitian survei. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik observasi langsung. alat pengumpul data berupa angket. Subjek penelitian ini adalah 2 kelas dari SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Teknik pengambilan sampelnya adalah Total sampling. Subjek yang diambil adalah kelas VIIE terdiri dari 20 siswa dan VIIH yang terdiri dari 22 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kelas VIIE lebih unggul dari kelas VIIH. Hasil ini menunjukkan bahwa kelas VIIE sudah memiliki rasa tanggung jawab yang lebih dibandingkan dengan kelas VIIH.
This research was conducted on students of class VIIE and VIIH of SMP Negeri 7 Muaro Jambi Academic Year 2019/2020. This study aims to determine the sense of responsibility of students in the learning process in schools in class VIIE and VIIH of Mauro Jambi State Middle School 7. This study uses a quantitative type using survey research procedures. The data collection technique used is the direct observation technique of data collection tools in the form of questionnaires. The subjects of this study were 2 classes from Muaro Jambi 7th Middle School. The sampling technique is total sampling. The subjects taken were class VIIE consisting of 20 students and VIIH consisting of 22 students. The results of this study indicate that class VIIE is superior to class VIIH. These results indicate that class VIIE already has a sense of responsibility that is more than class VIIH.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfianika, N. (2018). Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta : Deepublish.
Anwar, S., S. (2014). Tanggung Jawab Pendidikan Dalam Perspektif Psikologi Agama. Jurnal Ilmiah Psikologi. 1(1), 11-21.
Astuti, C.P. (2005). Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Tanggung Jawab Belajar Anak Kelas IV SD Pangudi Luhur Don Bosco Semarang Tahun Pelajaran 2003/2004. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Bahri, D.S. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Creswell, J.W. (2012). Educational research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research— 4th ed. Boston: Edwards Brothers, Inc.
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2011). Research methods In education. USA and Canada : Routledge.
Dewi, F.P. (2016). Tingkat Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 dan Implikasinya Terhadap Usulan Topik-topik Bimbingan Belajar. Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma.
Hidayatulah, A.H., Yushardi, & Sri Wahyuni. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Interaktif Dengan Aplikasi E-Learning Moodle Pada Pokok Bahasan Besaran dan Satuan di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 110-115.
Kristanto, H.V. (2018). Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (LKTI). Yogyakarta : Budi Utama.
Muzazanah, A.I. (2017). Studi Komparatif Tanggung Jawab Belajar Antara Siswa Yang Diajar Menggunakan Metode Pembelajaran Diskusi Dengan Siswa yang di Ajar Men ggunakan Metode Pembelajaran Pemberian Tugas Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017. Jurusan Pendidikan Agama Isla Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
Rustam dan Kamaruzaman. (2016). Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Proyeksi Skripsi. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling, 2(2), 1.
Santosa, P.B dan Hamdani, M. (2007). Statistika Deskriftif dalam Bidang Ekonomi dan Niaga. Jakarta: Erlangga
View Counter: Abstract - 312 and PDF - 343
Refbacks
- There are currently no refbacks.