Analisis Minat Siswa SMA Bina Muda Cicalengka Terhadap Fisika Bab Potensial Listrik
Abstract
Studi ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa SMA dalam memahami konsep fisika Potensial Listrik. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan metode survey. Informan yang digunakan sebanyak 6 siswa kelas 12 SMA. Data diambil dengan memberikan angket serta soal fisika mengenai bab Potensial Listrik. Hasil penelitian menyatakan minat belajar fisika sudah tinggi, namun hasil tes menyatakan kebalikannya. Faktor dari kurangnya pemberian materi oleh guru dan siswa yang mengharapkan praktikum seimbang dibandingkan teori semata.
This study aims to know about stundents’ interest to learn in understanding physics’ concept that is Electric Potential. The method used is quantitative and survey methods. The informants were used as many as 6 of 12th grade high school students. The data collected by given a questionnaire and a test to students about the Electric Potential chapter. The results of the study stated that the intrest in learning physics was high, but the test results stated the opposite. The factors from the lack of material from teachers and students who expect has practicum to be balanced compared to mere theory.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chasanah, R; Nurani, D; Sururi, A.M.; and Ramadhan, B.W. (2017). Detik-Detik UNBK Fisika. Belitung Timur: PT Intan Pariwara.
Halliday, H. dan Resnick, R. (1978). Fisika Jilid 2 Ediisi Ketiga. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Samudra, G. B., Suastra, I. W., & Suma, K. (2014). Permasalahan-permasalahan yang dihadapi siswa SMA di kota singaraja dalam mempelajari fisika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).
Young H.D. dan Friedman, R.A (2002). Fisika Universitas (Terjemahan) Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Tipler. (2001). Fisika untuk Sains dan Teknik (Terjemahan) Jilid 2 Edisi Ketiga. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Abdullah, M. (2017). Fisika Dasar II. Bandung: Institut Teknologi Bandung.
Muri, Y.A. (2014). Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenadamedia Group.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Bina Aksara.
Arini, R.W. dan Ariani, T. (2015). Hubungan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI MA Mazro’illah Lubuklinggau Tahun Ajaran 2015/2016. pp. 1-17, 2015.
Setiawan, A. (2015). Penerapan Belajar Kelompok untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia SD Negeri Kepek. BASIC EDUCATION, 4(7).
Ma’rifah, E. (2016). Identifikasi Kesulitan Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(5), 124-133.
Aziz, M. S., Zain, A. N. M., Samsudin, M. A. B., & Saleh, S. B. (2014). The impact of PBL on Undergraduate Physics Students' Understanding of Thermodynamics. International Journal of Academic Research in Economics and Management Sciences, 3(4), 100.
Natalia, E. (2014). Analisis Kepeminatan Siswa Terhadap Mata Pelajaran Praktik Dan Teori Kelas XI Teknik Ototronik SMK Negeri 2 Karanganyar. (Doctoral Dissertation). UNS
Nottis, K. E., Prince, M. J., & Vigeant, M. A. (2010). Building an Understanding of Heat Transfer Concepts in Undergraduate Chemical Engineering Courses. Online Submission, 7(2), 1-9.
View Counter: Abstract - 482 and PDF - 483
Refbacks
- There are currently no refbacks.