Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Lingkungan Sosial dan Sekolah terhadap Sikap Bahasa Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pola asuh orang tua, lingkungan sosial dan lingkungan sekolah terhadap sikap bahasa siswa di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berjenis ex pose facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri Cerme. Sampel penelitian dipilih secara purposive sampel yaitu siswa kelas 5 dengan alasan sudah memasuki masa operasional konkret. Data diperoleh dengan metode angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pola asuh orang tua memengaruhi sikap bahasa siswa, terutama pola asuh otoriter. (2) lingkungan sosial memengaruhi sikap bahasa siswa pada aspek kognitif (3) lingkungan sekolah mempengaruhi sikap bahasa siswa aspek konatif. (4) pola asuh orang tua, lingkungan sosial dan lingkungan sekolah memengaruhi sikap bahasa siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah pola asuh orang tua, lingkungan sosial dan lingkungan sekolah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap bahasa siswa. Diperlukan pembinaan sikap bahasa, baik Bahasa Indonesia maupun bahasa daerah.
The purpose of this study was to analyze the influence of parenting, social and school environments on students' language attitudes in primary school. This research is a quantitative research of ex pose facto type. The population in this study were Cerme Public Elementary School students. The research sample was selected purposively, namely 5th grade students on the grounds that they entered a concrete operational period. Data obtained by questionnaire method. The results showed that: (1) Parenting patterns affect students' language attitudes, especially authoritarian parenting. (2) the social environment influences students 'language attitudes on cognitive aspects (3) the school environment influences students' conative aspects of language attitudes. (4) parenting style, social environment and school environment influence students' language attitudes. The conclusion of this study is parenting, social environment and school environment have a significant influence on students' language attitudes. Necessary guidance of language attitudes, both Indonesian and regional languages.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azizah, F.N. (2017). Peran Self Regulation dalam Memoderasi Pola Asuh Keluarga dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Primary Education, 6(1), 65-70.
Fitrianti, A.N., Zulaeha, I. & Kustiono. (2018). Type of Verbal and Non-Verbal Reinforcement Given by Teacher in Elementary School, Journal of Primary Education, 7(3), 310 – 317
Replita. (2016). Pengaruh Lingkungan Sosial Dan Keadaan Ekonomi Keluarga Terhadap Kesehatan Mental Remaja Di Kelurahan Aek Tampang. TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman, 2(2), 1-16.
Sangawi, H.S., Adams, J. & Reissland N. (2015). The Effects of Parenting Styles on Behavioral Problems in Primary School Children: A Cross-Cultural Review. Asian Social Science, 11(22), 171-186.
Sari, A.N., Sugiyo & Awalya. (2018). Consultation for Parent to Increase Assertive Behavior of Elementary School Student. Jurnal Bimbingan Konseling, 7(2), 166 – 172
Setiawan, D. (2013). Peran Pendidikan Karakter dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1), 53-63
Solin, M. (2010). Peranan Bahasa Indonesia Dalam Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Bahasa, 20(3)
Sugiyono & Sasangka, W. (2014). Sikap bahasa Masyarakat Perkantoran di Kalimantan. Widyaparwa, 42(2), 99-110.
View Counter: Abstract - 978 and PDF - 630
Refbacks
- There are currently no refbacks.