Keefektifan Pembelajaran Mengonstruksi Teks Eksposisi Menggunakan Model Investigasi Kelompok dan CIRC Berbantuan Media Tayangan Mata Najwa

Eka Nur Ayuni, Rahayu Pristiwati

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menentukan keefektifan pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi dengan model Investigasi Kelompok berbantuan media tayangan Mata Najwa pada peserta didik kelas X SMA (2) menentukan keefektifan pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi dengan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan media tayangan Mata Najwa pada peserta didik kelas X SMA (3) menentukan model manakah yang lebih efektif diterapkan pada pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi pada peserta didik kelas X SMA. Dalam desain penelitian ini menggunakan desain True Experiment Design tipe Pretest-Posttest Control Group Design yang mana terdapat dua kelas eksperimen yakni kelas dengan perlakuan model Invetigasi Kelompok dan perlakuan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Hasil penelitian ini adalah (1) model investigasi kelompok dengan berbantuan media tayangan Mata Najwa efektif digunakan pada pembelajaran mengonstruksi teks eskposisi (2) model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan berbantuan media tayangan Mata Najwa efektif digunakan pada pembelajaran mengonstruksi teks eskposisi (3) model investigasi kelompok lebih efektif dibandingkan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada pembelajaran mengonstruksi teks eskposisi.

The objectives of this study are (1) to determine the effectiveness of learning to construct exposition text using Group Investigation Model with Mata Najwa Show as the medium in 10th grade of high school students (2) to determine the effectiveness of learning to construct exposition text using Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRK) with Mata Najwa Show as the medium in 10th grade of high school students (3) to determine which model is more effectively applied to the learning of constructing exposition text in 10th grader of high school students. This study uses a True Experiment Design Pretest-Posttest Control Group Design type in which there are two experimental classes namely the class treated with the Group Investigation model and the Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) model in the other class. The results of this study are (1) the group investigation model with Mata Najwa Show as the medium is effectively applied in the learning to construct exposition text (2) Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) model with Mata Najwa show as the medium is effectively applied in the learning to construct the exposition text (3) Group Investigation Model is more effective compared to Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Model in the learning of constructing exposition text.

Keywords

kemampuan menulis; model CIRC; model investigasi kelompok; tayangan Mata Najwa; teks eksposisi

Full Text:

PDF

References

Agustiyani, D. (2016). Keefektifan Pembelajaran Menulis Teks Berita Menggunakan Model Peta Konsep Dan Model Investigasi Kelompok Pada Siswa Kelas VIII. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Pohan, E.M.S., dan Sanusi, A.E. (2016). Keefektifan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Eksposisi pada Siswa. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra dan Pengajarannya), 4(2)

Siddiqui, M.H. (2013). Group Investigation Model of Teaching : Enhancing Learning Level. Paripex Indian Journal of Research, 3(4), 78-80.

Slavin, R.E. (2005). Coopertive Learning Teori, Riset, dan Praktik. Terjemahan Narulita Yusron. Bandung: Nusa Media.

Yudasmini, N.M.; Jampel, N; Marhaeni, A.A.I.N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Compistion) Terhadap Minat Baca dan Kemampuan Memahami Bacaan pada Siswa Kelas VI di Sekolah Dasar Gugus Buruan. Junal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 1-8.

Yuwono, A. (2011). Optimalisasi Web Internet sebagai Usaha Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah bagi Mahasiswa Prodi PBSJ Semester VIII FBS UNNES. Lingua, 5(1).

Zulaeha, I. (2016). Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Bermuatan Konservasi dengan Model Cooperative Integrated Reading And Composition pada Peserta Didik Bergaya Belajar Visual, Auditori, dan Kinestetik. Prosiding Konferensi Bahasa dan Sastra II International Conference on Language, Literature, and Teaching. (Hlm 481-580)


View Counter: Abstract - 353 and PDF - 205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.