Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika melalui Metode Team Assisted Individualization pada Siswa Kelas V
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar ranah kognitif pada mata pelajaran matematika materi kecepatan dan debit pada siswa kelas V A SD Negeri Masaran 1 tahun pelajaran 2018/2019, mengetahui dampak metode TAI terhadap aktivitas belajar siswa, dan pendapat siswa terkait dengan metode TAI. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V A SD Negeri Masaran 1 tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 23 siswa. Teknik analisis statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis data kuantitatif dari hasil angket, tes, dan observasi. Teknik analisis model Miles dan Huberman digunakan untuk menganalisis data kualitatif dari hasil wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode TAI dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada materi kecepatan dan debit. Metode TAI juga terbukti dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hasil wawancara menunjukkan pandangan siswa yang positif terhadap penerapan metode TAI.
This study aims to improve the motivation and learning outcomes in the cognitive domain in mathematics subject about speed and liquid flow rate in class V A of SD Negeri Masaran 1 in the 2018/2019 academic year, knowing the impact of the TAI method on students learning activities, and students opinions about TAI method. This research is a Classroom Action Research (CAR) which consists of two cycles. The research subjects were all students in class V A that consist of 23 students. Descriptive statistical analysis techniques are used to analyze quantitative data from the results of questionnaires, tests, and observations. The analysis technique of the Miles and Huberman model was used to analyze qualitative data from the interviews. Based on the results of the study it can be concluded that the application of the TAI method can increase motivation and learning outcomes. The TAI method has also been proven to increase students learning activities. The interview results showed positive students' views on the application of the TAI method.
Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. Forum Paedagogik, VI (1), 72-89.
Ekawati, E. (2011). Peran Matematika Sekolah. Diakses dari https://p4tkmatematika.org/2011/10/peran-fungsi-tujuan-dan-karakteris tik-matematika-sekolah/ pada tanggal 12 November 2018.
Harsanti, A. G. (2017). Perbandingan Model Pembelajaran STAD dengan Model TAI (Team Assisted Individualization) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 4 (1), 12-18.
Iskandar. (2015). Psikologi Pendidikan: Sebuah Orientasi Baru. Jakarta: Referensi.
Jaya, P., Waridah, & Ason, Y. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Berbasis Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 4 (1), 70-80.
Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2015). TIMSS 2015 International Results in Mathematics. Diunduh dari http://timssandpirls.bc.edu/timss2015/international-results/wp-content/up loads/filebase/full%20pdfs/T15-International-Results-in-Mathematics.pdf pada 26 September 2018.
OECD. (2018). PISA 2015 Results in Focus. Diunduh dari https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf pada 25 September 2018.
Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal.
Permendikbud nomor 21 tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
Rahmatikasari, U., Suyanto I., & Warsiti. (2015). Penerapan Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang Bilangan Pecahan Siswa Kelas V SD. Jurnal Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 3 (2).
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 2 (1), 58-67.
Slavin, R. E. (1984). Effects of Team Assisted Individualization on the Mathematics Achievement of Academically Handicapped and Nonhandicapped Students. Journal of Educational Psychology, 76 (5), 813-819.
Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Penerbit Nusa Media.
Slavin, R. E., Leavey, M. B., & Madden, N. A. (1984). Combining Cooperative Learning and Individualized Instruction: Effects on Student Mathematics Achievement, Attitudes, and Behaviors. Elementary School Journal, 84, 409-422.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
View Counter: Abstract - 539 and PDF - 266
Refbacks
- There are currently no refbacks.