Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Ekonomi Pada Materi Memahami Perekonomian Terbuka Dengan Metode Mind Card Pada Siswa Kelas XI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dapat tidaknya penerapan metode mind card meningkatkan motivasi belajar ekonomi pada standar kompetensi Memahami Perekonomian Terbuka dan mengetahui dapat tidaknya penerapan metode mind card meningkatkan prestasi belajar ekonomi pada standar kompetensi Memahami Perekonomian Terbuka. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) pada kelas XI IPS di MAN 1 Kota Pekalongan. Hasil penelitian menunjukkan metode mind card (kartu pikiran) mampu meningkatan motivasi dan belajar peserta didik dalam memahami perekonomian terbuka pada kelas XI IPS 4 Madarasah Aliyah Negeri 1 Pekalongan Tahun Pelajaran 2016/ 2017.
The purpose of this study is to find out whether or not the application of the mind card method increases economic learning motivation on the standards of understanding the Open Economy and knowing whether or not the application of the mind card method improves economic learning achievement on the standard of understanding Understanding the Open Economy. This research is a classroom action research (CAR) in class XI IPS in MAN 1 Pekalongan City. The results showed the mind card method was able to increase the motivation and learning of students in understanding the open economy in class XI IPS 4 Madarasah Aliyah Negeri 1 Pekalongan in the 2016/2017 Academic Year.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Afandi, R. (2015). Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar IPS di sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 77-89.
Aini, P. N., & Taman, A. (2012). Pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas xi ips sma negeri 1 sewon bantul tahun ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1).
Aqib, Z. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Aritonang, K. T. (2008). Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan penabur, 7(10), 11-21.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 90-96.
Luckhurst, R. (2013). The trauma question. Routledge.
Lutfauziah, A. U. (2010). Pengembangan Metode Permainan Kartu Pikiran Pada Pokok Bahasan Ekosistem di SMP Skripsi UNNES. (Tidak Diterbitkan).
Mettetal, G. (2002). The what, why and how of classroom action research. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 6-13.
Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2).
View Counter: Abstract - 1540 and PDF - 626
Refbacks
- There are currently no refbacks.