Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqih Materi Pembelajaran Haji dan Umrah Melalui Penerapan Metode Advokasi
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ada tidaknya peningkatan hasil belajar mata pelajaran Fiqih melalui penerapan metode Advokasi. Penelitian menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian melalui perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-2 MTs N 4 Cilacap  berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, teknik analisa data menggunakan teknik holberman yaitu reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini, pertama hasil belajar sebelum penerapan metode Advokasi adalah sangat rendah yaitu dari 32 siswa  terdapat 3 siswa atau 13,64%, siswa tidak mencapai ketuntasan sebanyak 29 orang atau 86,38%. Kedua hasil belajar setelah penerapan metode Advokasi termasuk kategori tinggi dengan indicator 100% siswa dapat mencapai ketuntasan setelah tindakan siklus 3. Ketiga Penerapan metode Advokasi dapat meningkatkan hasil belajar dengan indikator aktivitas guru dalam pembelajaran termasuk kategori baik 95% pada siklus 3 semula 72,50% pada siklus 2 dan 45% pada siklus 1, dan 32,50% pada prasiklus, aktivitas siswa dalam pembelajaran masuk kategori baik yaitu mencapai 93,56% pada siklus 3 dimana semula 67,42% pada siklus 2, 46,97 pada siklus 1 dan 29,40% pada prasiklus serta belajar siswa mencapai 100% dimana semula 13,64% pada prasiklus, 40,91% pada siklus 1, 72,73% pada siklus 2.
The purpose of this study is to describe whether there is an increase in the learning outcomes of Fiqh subjects through the application of Advocacy methods. The study uses classroom action research designs. Research procedures through planning, implementation, observation and reflection. The subjects of the study were 32 students of VIII-2 MTs N 4 Cilacap class. Data collection techniques using observation and tests, data analysis techniques using holberman techniques, namely reduction, presentation and drawing conclusions. The conclusion of this study, first the learning outcomes before applying the Advocacy method was very low, from 32 students there were 3 students or 13.64%, students did not achieve completeness by 29 people or 86.38%. Second learning outcomes after the application of the Advocacy method is included in the high category with an indicator of 100% students can achieve completeness after the action cycle 3. Third The application of the Advocacy method can improve learning outcomes with indicators of teacher activity in learning including a good category of 95% in the original cycle 3, 72.50% in cycle 2 and 45% in cycle 1, and 32.50% in pre-cycle, student activity in learning is in the good category, reaching 93.56% in cycle 3 where initially 67.42% in cycle 2, 46.97 in cycle 1 and 29.40% in pre-cycles and student learning reached 100% where originally 13.64% in pre-cycle, 40.91% in cycle 1, 72.73% in cycle 2.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dani, S., A. (2012). Efektivitas Model Pembelajaran Advokasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menanggapi Isi Berita Oleh Siswa Kelas X SMA Swasta Aras Kabu Agung Tanjungbalai Tahun Pembelajaran 2012/2013. Didiwnload dari laman perpustakaan digital UNIMED: http://digilib.unimed.ac.id/15069/
Djamaluddin, K. (2009). Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umm dan Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama.
Eko, A. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Advokasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V SD Negeri Geneng 1 Miri Sragen Tahun Pelajaran 2010/ 2011. Didownload dari laman perpustakaan UMS: http://eprints.ums.ac.id/19178/
Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembe-lajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hamalik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Slameto (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Utsman, A. (2013). Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta: Kencana Media.
Thobroni, M. (2011). Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Utsman, M. U. (2011). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wardhani, I. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wena, M. (2013). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer; Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
View Counter: Abstract - 1001 and PDF - 733
Refbacks
- There are currently no refbacks.