Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif TGT Berbantu UTAGEM (Ular Tangga Gembira)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Peningkatan aktivitas dan prestasi belajar IPS memahami kondisi alam Negara di dunia melalui model pembelajaran kooperatif kooperatif teams games tournament (TGT) berbantu“UTAGEM†Ular tangga gembira. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX C pada semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 32 siswa terdiri dari laki-laki 16 siswa dan perempuan 16 siswa, Pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif teams games tournament (TGT) berbantu“UTAGEM†Ular tangga gembira Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan baik dalam aktivitas dalam kelompok maupun prestasi belajar sebagaimana ditunjukkan dalam hasil pengamatan kegiatan, aktivitas siswa dalam kelompok diskusi rata-rata pada siklus I sebesar 67,08 %. sedangkan dalam siklus II aktivitas siswa dalam kelompok mengalami peningkatan menjadi 77,86 %. Evaluasi belajar yang tuntas belajar dari 17 siswa (53,13%) pada pra tindakan menjadi 24 siswa (75,00 %) pada siklus I, dan menjadi 28 siswa (87,50 %) pada siklus II. sedangkan yang belum tuntas belajar mengalami penurunan dari 15 siswa ( 46,88 %) pada pra tindakan, menjadi 8 siswa ( 25.00 %) pada siklus I, dan tinggal 4 siswa ( 12,50 %) pada siklus II.
The aims of the study are to improve the increasing of activity and achievement of learning IPS to understand natural conditions of the counties of world through cooperative learning model of cooperative tournament games teams ( TGT ) assisted " UTAGEM " Snake staircase excited . The subjects were students of class IX C in semester 1 of the school year 2019 /2020 totaling 32 students consist of male 16 students and women 16 students, Learning uses the cooperative learning model teams games tournament ( TGT ) assisted by " UTAGEM " Happy Ladder Snak. Data collection techniques use tests, observations and field notes. The results of the study showed by increasing both in group activities and learning achievement as shown in the results of observing activities, the activities of students in the discussion group were on average in the first cycle of 67.08 %. while in cycle II the activity of students in the group experienced an increase to 77.86 %. The total students is 32 in this study; the result of this study showed that 17 students (53.13 %) in the pre-cycle to 24 students (75.0 0 %) in the first cycle, and to 28 students (87.50%) in the second cycle. Meanwhile those who have not yet completed in this teaching learning have decreased from 15 students ( 46.88 %) in pre-cycle, to 8 students ( 25.00 %) in the first cycle, and only 4 students (12.50%) in the second cycle.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anni, C.T. (2007). Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES Press.
Djamarah, S.B. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Edwards, K.J., & DeVries, D.L. (1974). The Effects of Teams-Games-Tournament and Two Instructional Variations on Classroom Process, Student Attitudes, and Student Achievement. Report Number 172.
Faris, A., dan Pribadi, T. A. (2018). The Effectiveness of Teams Games Tournament with Biodomino on Ecosystem Material to Enhance Student’s Activity and Learning Outcomes in SMAN 2 Salatiga. Journal of Biology Education, 7(2), 174-180.
Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdani. (2010). Startegi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Isjoni (2012). Pembelajran Kooperatif (Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kodir, A. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Melsi, A. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Virus di Kelas X Sekolah Menengah Atas Nusantara Indah Sintang Tahun Pelajaran 2015/2016â€. (DOCTORAL DISSERTATION). STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.
Novitasari, L., Mintarti, S. U., & Soesilo, Y. H. (2019). Combining Teams Games Tournament (TGT) and Mind Mapping to Improve Students’ Activity and Learning Achievement. Classroom Action Research Journal (CARJO), 3(1), 16-23.
Ratnaningsih. N.N. (2014). Penggunaan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Kelas III A SDN Nogoporo. (DOCTORAL DISSERTATION). Universitas Negeri Yogyakarta.
Sanjaya, W. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Sardiman, A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Schmidt, M. E., & Vandewater, E. A. (2008). Media and attention, cognition, and school achievement. The Future of children, 63-85.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Somantri M. (1988) Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Stevens, T.A.; To, Y.; Stevenson, S.J., & Lochbaum, M. R. (2008). The importance of physical activity and physical education in the prediction of academic achievement. Journal of Sport Behavior, 31(4).
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PTRemaja Rosdakarya.
Suprijono, A. (2011). Cooperatif Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
View Counter: Abstract - 174 and PDF - 139
Refbacks
- There are currently no refbacks.