Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Menggunakan Modifikasi Bola Pada Siswa SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan alat bantu modifikasi bola untuk meningkatkan hasil belajar pasing bawah bola voli pada siswa kelas IV Semester I Sekolah Dasar Negeri 2 Pesaren tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Pesaren tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 17 siswa terdiri dari 10 siswa putra dan 7 siswa putri. Sumber data hasil belajar kemampuan pasing bawah berasal dari guru dan siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis kritis. Prosedur penelitian adalah model siklus (daur). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar pasing bawah dari kondisi awal ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan terlihat dari 6 siswa atau 35% di kondisi awal menjadi 11 siswa atau 65% di siklus I dan menjadi 17 siswa atau 88% di siklus II., sedangkan untuk hasil belajar pasing bawah dari 5 siswa atau 25% yang tuntas di kondisi awal menjadi 11 siswa atau 55% yang tuntas di akhir siklus I dan meningkat menjadi 15 siswa atau 85% yang tuntas di akhir siklus II. Simpulan penelitian ini adalah Penerapan alat bantu modifikasi bola dapat meningkatkan hasil belajar pasing bawah bola voli pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Pesaren tahun pelajaran 2018/2019.
This study aims to apply ball modification tools to improve learning outcomes under volleyball in class IV Semester I students of Pesaren 2 Elementary School in the 2018/2019 academic year. This research is a classroom action research (PTK). The research was conducted in two cycles, with each cycle consisting of planning, implementing actions, observing, and reflecting. The subjects in this study were students of class V Pesaren 2 Elementary School in the 2018/2019 academic year, totaling 17 students consisting of 10 male students and 7 female students. Sources of data on learning outcomes for lower pass ability come from teachers and students. Data analysis used descriptive statistical analysis techniques and critical analysis. The research procedure is a cycle model (cycle). The results showed that the application of learning aids can improve learning outcomes under passive conditions from initial conditions to cycle I and from cycle I to cycle II. The increase was seen from 6 students or 35% in the initial condition to 11 students or 65% in the first cycle and to 17 students or 88% in the second cycle. 11 students or 55% who completed at the end of cycle I and increased to 15 students or 85% who completed at the end of cycle II. The conclusion of this study is the application of ball modification tools can improve learning outcomes under volleyball in fifth grade students of Pesaren 2 Public Elementary School in the 2018/2019 academic year.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2006). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, A. (2002). Media pembelajaran, edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Djamarah, S.B. & Zain, A. (1995). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Heryana, D. & Verianti, G. (2010). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas V SD. Jakarta: Kemendiknas.
Kurniadi, D., & Prapanca, S. (2010). Penjas Orkes. Jakarta: Pusat Pembukuan Kementrian Pendidikan Nasional.
Kurniawan, G.F. (2020). Problematika Pembelajaran Sejarah dengan Sistem Daring. Diakronika, 20(2), 76-87.
Lestari, N. (2008). Melatih Bola Voli Remaja. Yogyakarta: PT Citra Aji Pramata.
Munasifah. (2008). Bermain Bola Voli. Jakarta: Aneka Ilmu.
Pemerintah Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Bappenas.
Sholeh, M. (2010). Implementasi Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) pada Materi Penginderaan Jauh. Jurnal Geografi: Media Informasi Pengembangan dan Profesi Kegeografian, 7(2).
Sukmadinata, N.S. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suryadi, A. (2012). Pembelajaran Sejarah dan Problematikanya. Jurnal Historia Pedagogia, 1(1), 74-84.
Tim Penyusun. (2011). Buku Panduan Penulisan Skripsi. Semarang: FIK UNNES.
Wibawa, B. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dirjen Dikdasmen, 2721-2572.
View Counter: Abstract - 325 and PDF - 322
Refbacks
- There are currently no refbacks.