Pengembangan Buku Pengayaan Menyajikan Gagasan dan Pendapat Teks Eksposisi Bermuatan Toleransi Beragama untuk Kelas VIII
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan dan hasil pengembangan buku pengayaan menyajikan gagasan dan pendapat teks eksposisi bermuatan toleransi beragama untuk peserta didik kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dari Sugiyono (2017) yang dibatasi sampai lima langkah. Hasil analisis kebutuhan pengembangan menunjukkan bahwa peserta didik dan pendidik membutuhkan adanya pengembangan buku pengayaan menyajikan gagasan dan pendapat teks eksposisi bermuatan toleransi beragama. Hasil analisis tersebut dirumuskan menjadi prinsip-prinsip pengembangan untuk menyusun purwarupa buku pengayaan menyajikan gagasan dan pendapat teks eksposisi bermuatan toleransi beragama. Setelah purwarupa disusun, purwarupa diujikan kepada dua dosen ahli. Dari uji validasi tersebut, dinyatakan bahwa purwarupa buku pengayaan menyajikan gagasan dan pendapat teks eksposisi bermuatan toleransi beragama termasuk dalam kriteria buku pengayaan yang bagus, sehingga buku pengayaaan tersebut dapat digunakan sebagai penunjang buku teks yang diterbitkan pemerintah dalam meningkatkan kompetensi peserta didik SMP kelas VIII.
The purpose of this study was to describe the results of the needs analysis and the results of the development of an enrichment book presenting ideas and opinions of an exposition text containing religious tolerance for grade VIII students. This study uses the research and development (R&D) method from Sugiyono (2017) which is limited to five steps. The results of the needs analysis show that students and educators need the development of an enrichment book presenting ideas and opinions of exposition text with religious tolerance. The results of the analysis were formulated into development principles to compile an enrichment book prototype presenting ideas and opinions of an exposition text containing religious tolerance. After the prototypes were compiled, they were tested on two expert lecturers. From the validation test, it is stated that the enrichment book prototype presents ideas and opinions of exposition text containing religious tolerance which are included in the criteria for good enrichment books, so that these enrichment books can be used as supporting books for textbooks published by the government in improving the competence of VIII grade junior high school students.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. (2006). Kurikulum Standar Isi 2006. Badan Standar Nasional Pendidikan.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Menajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah
Keraf, G. (2017). Eksposisi dan deskripsi. Ende Flores: Nusa Indah.
Kosasih, E. (2018). Jenis-jenis Teks Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya.
Kusmana, S. (2014). Kreativitas Menulis. Yogyakarta: Ombak. Kuswana, Wowo Sunaryo.
Muslich, M. (2010). Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jakarta: Bumi Aksara.
Nazmudin. (2018). Kerukunan dan Toleransi Antar Umat Beragama dalam Membangun Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). J.Gov. Civ. Soc., 1(1), 23-39.
Undang-Undang Republik Indonesia Bab X Tahun 1945 tentang Hak Asasi Manusia Pasal 28J. (1945) Jakarta: Sekretariat Negara.
Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 87 tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter. (2017) Jakarta: Sekretariat Negara.
Pusat Perbukuan Depdiknas. (2008). Pedoman Penulisan Buku Nonteks (Buku Pengayaan, Referensi, dan Panduan Pendidik). Jakarta: Puskurbuk.
Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tirto.Id. (2020). Menilik Laku Intoleran di Kalangan Siswa dan Mahasiswa. https://tirto.id/menilik-laku-intoleran-di-kalangan-siswa-dan-mahasiswa-f7xs. (diunduh 02 Desember 2020).
View Counter: Abstract - 241 and PDF - 202
Refbacks
- There are currently no refbacks.