Pentingnya Kompetensi dan Profesionalisme Guru dalam Pembentukan Karakter Bagi Anak Usia Dini

Ayu Nur Hidayati

Abstract

Guru merupakan peranan terpenting dalam bidang pendidikan. Tanpa adanya peran aktif guru, maka kebijakan dalam pembaruan pendidikan secanggih apapun akan tetap sia-sia. Sebaik apapun sebuah kurikulum pendidikan dan perencanaan strategis pendidikan dirancang, apabila tanpa guru yang berkualitas tidak akan berjalan secara optimal. Pendidikan yang unggul itu tergantung pada kondisi mutu guru. Kompetensi profesional guru yaitu kemampuan guru dalam meguasai pembelajaran yang mencakup: merencanakan, melaksanakan, serta mengevaluasi pembelajaran yang sesuai dengan bidang keahliannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya kompetensi guru paud dalam pembentukan karakter anak. Guru sangat mempengaruhi karakter anak didik, karena guru merupakan salah satu orang yang harus menjadi teladan yang baik untuk anak didiknya baik dalam bersikap dan bertindak di lingkungannya. Guru merupakan faktor terpenting dalam pembentukan karakter anak terhadap keberhasilannya di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif.

The teacher is the most important role in the field of education. Without the active role of teachers, policies in educational reforms as sophisticated as they are will remain in vain. No matter how good an educational curriculum and educational strategic planning are designed, without qualified teachers it will not run optimally. Superior education depends on the quality of teachers. Teacher professional competence, namely the ability of teachers to master learning which includes: planning, implementing, and evaluating learning in accordance with their field of expertise. The purpose of this study was to determine the importance of the competence of the paud teacher in building children's character. The teacher greatly influences the character of the students, because the teacher is one of the people who must be a good role model for their students both in behaving and acting in their environment. The teacher is the most important factor in shaping children's character for their success in school. The method used in this research is descriptive qualitative method.

Keywords

Pendidikan Karakter; Guru; Kompetensi Profesional

Full Text:

PDF

References

Ananda, R. (2018). Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Telaah Terhadap Pendidik dan Tenaga Kependidikan). (Amiruddin, Ed.). Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Febrialismanto. (2017a). Analisis Kompetensi Profesional Guru PAUD Kabupaten Siak Provinsi Riau. Jurnal PG PAUD Trunojoyo, 4(2), 82–170.

Febrialismanto. (2017b). Analisis Kompetensi Profesional Guru PG PAUD Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Jurnal PG PAUD, 6(2).

Laelasari. (2013). Upaya Menjadi Guru Yang Profesional. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 1(2), 152–159.

Prabowo, A., Suryadi, D., & Dasari, D. (2021, June). Analysis of mathematical didactic situation constructed by prospective teachers based on learning trajectory. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1918, No. 4, p. 042051). IOP Publishing.

Ritonga, O. (2018). Kompetensi Profesional Guru dalam Pembentukan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah Swasta An Nur Desa Hamparan Perak Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. PGMI. (Doctoral Dissertation) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Sintawati, M. A., & Oktaviarini, N. (2018). Analisis Pentingnya Kompetensi Sosial Guru terhadap Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran IPS di SDN 1 Moyoketen Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(2).

Sugiyarta dan Prabowo (2021). What Kind of Teacher am I? An Exploratory of Teacher Profile in Semarang. Proceedings of the 11th Annual International Conference on Industrial Engineering and Operations Management. IEOM Society International, Singapore, March 7-11, 2021

Suyanto, S. (2012). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1).

Utami, I. H., & Hasanah, A. (2019). Kompetensi Profesional Guru dalam Penerapan Pembelajaran Tematik di SD Negeri Maguwoharjo 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Pionir, 8(2).

Yusuf, I.F. (2013). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Karakter Kerja Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Magelang. (Doctoral Dissertation) Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta.


View Counter: Abstract - 3100 and PDF - 13027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.