Peningkatan Menulis Proposal Skripsi melalui Pembelajaran Kolaboratif Menulis Narasi dan Video bagi Mahasiswa Gizi UNNES
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kolaboratif menulis narasi dan video penelitian terhadap kemampuan mahasiswa dalam menulis proposal skripsi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas pada mahasiswa semester IV Program Studi Gizi Universitas Negeri Semarang. Strategi menulis narasi dilaksanakan menggunakan sistematika penulisan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan pengembangan. Hasil yang diperoleh setelah penerapan ini adalah kemampuan mahasiswa menulis proposal skripsi secara sistematis, konsisten dan runtut meningkat 87% dibandingkan data awal sebanyak 40,6%. Simpulan dari pelaksanaan strategi ini adalah penerapan pembiasaan menulis narasi dan video mengenai metode penelitian dapat meningkatkan ketrampilan menulis proposal skripsi bagi mahasiswa.
This research aims to describe the application of collaborative learning in writing narrative and research video on students ability to write thesis proposal. This research is a Classroom Action Research in second grade students of Nutrition, Universitas Negeri Semarang. The narrative writing strategy is implemented using a writing systematics with the stage of planning, implementation and development. The results is obtained after this research were the ability of students to write thesis proposals systematically, consistently and coherently, an increase of 87% compared to the initial data of 40.6%. The conclusion of this implementation that the application of writing narratives and videos on research methods can improve thesis writing skills for students.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Devi, P. C., Hudiyono, Y. and Mulawarman, W. G. (2018) ‘Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Mengunakan Media Audio Visual (Video) di Kelas XI SMA Negeri Samarinda’, Diglosia, 1(2), 101–114.
Kemdikbud (2020) Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. 1st edn. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.
Kurniasih, D. A. (2020) ‘Pembiasaan Menulis Buku Harian untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Sukorejo’, Jurnal Profesi Keguruan, 6(1), pp. 36–44.
Kurniawan, G. F. (2020). Problematika pembelajaran sejarah dengan sistem daring. Diakronika, 20(2), 76-87.
Natalia, D. S. (2017) ‘Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Bantuan Media Video untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa’, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 1(2), pp. 75–81.
PIKA (2020) Infografis Pembelajaran Daring, Universitas Gadjah Mada. Available at: https://pika.ugm.ac.id/id/2020/03/31/infografis-pembelajaran-daring-2/.
Puruhita, I. R. (2020) ‘Pembelajaran Role Playing Berbasis Video dan Lagu pada Materi Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam’, Jurnal Profesi Keguruan, 6(1), 64–72.
Rustono (2018) Panduan Akademik Universitas Negeri Semarang 2018. 1st edn. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Seran, W. A., Utomo, D. H. and Handoyo, B. (2020) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Outdoor Study Berbantuan Video Conference terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa’, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(2), 142–152.
Supriyanto (2020) ‘Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Ekonomi pada Materi Memahami Perekonomian Terbuka dengan Metode Mind Card pada Siswa Kelas X1’, Jurnal Profesi Keguruan, 6(1), pp. 22–28.
Tarigan, J. (2018) ‘Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Bantuan Media Video untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi’, Journal of Education Action Research, 2(2), 123–133.
View Counter: Abstract - 920 and PDF - 801
Refbacks
- There are currently no refbacks.