Peningkatan Profesionalisme Guru SD di Masa Pandemi
Abstract
Perubahan digital yang tiba-tiba dalam dunia pendidikan akibat dari pandemic Covid-19 menyebabkan chaos dan goncangan pada struktur pendidikan. Pembelajaran daring menuntut guru untuk kompeten secara digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan profesionalisme guru di SD Muhammadiyah Mrisi pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru SD Muhammadiyah Mrisi yang terdiri atas 7 orang guru laki-laki dan 8 orang guru perempuan. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian dilakukan dengan metode analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: guru telah berusaha meningkatkan profesionalisme walaupun dalam kondisi pandemik Covid-19. Hal ini tercermin dari bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kompetensinya dalam melaksanakan pembelajaran daring. Akan tetapi, guru mengalami kendala krusial dalam peningkatan profesionalisme karena perubahan secara tiba-tiba. Berdasarkan hasil penelitian maka pendidik sebaiknya dapat melakukan inovasi-inovasi dalam pembelajaran salah satunya dengan memanfaatkan multimedia interaktif dalam pembelajaran Instansi pendidikan, sebaiknya dapat menyediakan fasilitas dalam menunjang kegiatan pembelajaran.
Digital changes due to the sudden Covid-19 pandemic in the world of education have caused chaos and shocks to the educational structure. Online learning requires teachers to be digitally competent. This study aims to analyze the increase in teacher professionalism at SD Muhammadiyah Mrisi during the Covid-19 pandemic. This research is a qualitative descriptive study. The subjects of this study were SD Muhammadiyah Mrisi teachers consisting of 7 male teachers and 8 female teachers. This research data collection method uses interviews, observation, and documentation. Research data analysis was carried out using interactive analysis methods. The results of the study show that: teachers have tried to increase professionalism even in the conditions of the Covid-19 pandemic. This is reflected in the teacher's efforts to improve their competency in carrying out online learning. However, teachers experience crucial obstacles in increasing professionalism due to sudden changes. Based on the research results, educators should be able to make innovations in learning, one of which is by utilizing interactive multimedia in learning. Educational institutions should be able to provide facilities to support learning activities.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ameli, A., Hasanah, U., Rahman, H., & Putra, A. M. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Mahaguru: Jurnal pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 28-37.
Arifin M, Barnawi. (2014). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Jogjakarta: Ar- Ruzz-Media.
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy. 7(4), 281-288.
Cerelia, J. J., et al. (2021). Learning loss akibat pembelajaran jarak jauh selama pandemic Covid-19 di Indonesia. Seminar Nasional Statistika X.
Darling-Hammond, L., & Hyler, M. E. (2020). Preparing educators for the time of COVID and beyond. European Journal of Teacher Education, 43(4), 457-465.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.
Hargreaves, A., & Fullan, M. (2020). Professional capital after the pandemic: revisiting and revising classic understandings of teachers' work. Journal of Professional Capital and Community, 5(3/4), 327-336. https://doi.org/10.1108/JPCC-06-2020-0039
Ibrahim Bafadal. 2018. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar: Dalam Rangka manajemen Pendidikan mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Penerbit PT. Bumi Aksara.
Kalman, M., Kalender, B., & Cesur, B. (2022). Teacher learning and professional development during the COVID-19 pandemic: A descriptive study. Educational Research: Theory and Practice, 33(2), 1-22.
Komalasari, M.D. & Pardjono. (2015). Pengembangan LKPD Terintegrasi Nilai Karakter untuk mengembangkan Tanggung Jawab, Disiplin, dan Prestasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), 36-47.
Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Corona Virus (COVID_19).
Miles, M.B. & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press.
Muhaimin, M. (2019). A sequential explanatory investigation of TPACK: Indonesian science teachers’ survey and perspective. JOTSE, 9(3), 269-281.
Mulyasa, E. (2009). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
Perry, E. (2023). Teacher professional development in changing circumstanes: The impact of COVID-19 on schools’ approaches to professional development. Education Sciences, 13(48) 1-12.
Prihidayanti, Y., Florentinus, T. S., & Kustiono, F. (2019). The effect of the education and training program of continuous professional development program of in on in modes on pedagogical and professional competence of teachers in Kendal. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 8(2), 90-97.
Rahmawati, H. & Khoirunnisa, S. (2021). Komunikasi dan implementasi kebijakan belajar dari rumah (BDR) selama pandemic Covid-19 di SDN Bakalan Sewon Bantul Yogyakarta. Jurnal Kependidikan Islam, 11(2), 2021.
Ratna, N.K. (2010). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Roll, M. J., & Ifenthaler, D. (2021). Multidisciplinary digital competencies of pre-service vocational teachers. Empirical Research in Vocational Education and Training, 13(1), 1- 25.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sutiyono. (2021). Profesionalisme guru. Tahdzin Al-Akhlaq, Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 16-25.
Yamin, M. dan Maisah. (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: penerbit Gaung Persada.
Zamroni. (2011). Dinamika Peningkatan mutu. Yogyakarta: penerbit Gavin Kalam Utama.
View Counter: Abstract - 242 and PDF - 577
Refbacks
- There are currently no refbacks.