Permasalahan Guru dan Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Selama Masa Pandemic Covid -19 (Studi Multi Kasus di SD Kabupaten Sumbawa)
Abstract
Pandemi covid-19 menyebabkan kegiatan belajar dari rumah (BDR) harus dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang dialami oleh guru dan orang tua dalam mendampingi anak selama diberlakukannya proses belajar dari rumah (BDR). Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan multi kasus. Subyek penelitian dilakukan terhadap guru dan orang tua siswa kelas 3 yang ada di SDN 2, SDN 12 dan SDIT Insan Qurani Sumbawa-NTB. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan yang dialami oleh guru adalah kurang maksimalnya guru memantau secara langsung aktivitas belajar yang dilakukan oleh siswa dan kurangnya respon serta peran serta orang tua dalam mendapingi anak. Selanjutnya permasalahan yang dihadapi orang tua dalam mendampingi anak selama proses belajar dari rumah (BDR) adalah tidak meratanya ketersediaan fasilitas pendukung belajar siswa seperti handphone dan paket data, sulitnya orang tua dalam membagi waktu antara bekerja dan membimbing anak di rumah dan kesulitan orang tua membimbing anak dalam belajar karena keterbatasan wawasan dan ilmu pengetahuan. Dengan demikian, permasalahan tersebut menjadi prioritas utama yang harus diperhatikan serta ditemukan solusinya oleh penyelinggara pendidikan demi suksesnya kebijakan belajar dari rumah (BDR) yang telah ditetapkan.
The COVID-19 pandemic has forced study from home (BDR) activities to be carried out. This study aims to determine the problems experienced by teachers and parents in accompanying children during the learning process from home (BDR). The method used is a qualitative method with a multi-case approach. The subjects of the research were teachers and parents of grade 3 students at SDN 2, SDN 12 and SDIT Insan Qurani Sumbawa-NTB. The data collection technique used in this research is the technique of observation, interviews and documentation. The results of the study indicate that the problems experienced by teachers are that the teacher is less than optimal in directly integrating learning activities carried out by students and the lack of response and participation of parents in accompanying children. Furthermore, the problems faced by parents in assisting their children while studying from home (BDR) are the unequal availability of student learning support facilities such as mobile phones and data packages, the difficulty of parents in dividing their time between work and guiding their children at home and the difficulty of parents guiding their children in study because of limited insight and knowledge. Thus, these problems become a top priority that must be considered and solutions found by education providers for the success of the established learning from home (LFH) policy.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aprillia, A., Riyadi, A., & Uswatiyah, W. (2021). Problematika Orangtua Dalam Mendidik Anak di Masa Pandemi Covid-19. As- Syar ’ I : Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 3, 47–69. https://doi.org/10.47476/as.v3i1.292
Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 281–288.
Astuti, I. Y., & Harun. (2021). Tantangan Guru dan Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah Anak Usia Dini pada Masa. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1454–1463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.808
Aytaç, T. (2021). The Problems Faced by Teachers in Turkey During the COVID-19 Pandemic and Their Opinions. International Journal of Progressive Education, 17(1), 2021. https://doi.org/10.29329/ijpe.2020.329.26
Ayu, I. W., Rusdianto, Soemarno, & Wardhani, Y. (2020). Sosialisasi Peran Orang Tua Dalam Penyelenggaraan Pembelajaran : Webinar Pendampingan Belajar Dari Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal, 3(1).
Fahlena, H. (2021). Peran Dan Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Magister Manajemen Pendidikan UNISKA MAB, 1(1), 397–403.
Karatas, K., & Arpaci, I. (2021). The role of self-directed learning, metacognition, and 21st century skills predicting the readiness for online learning. Contemporary Educational Technology, 13(3). https://doi.org/10.30935/cedtech/10786
Koroh, T. D., Liufeto, M. C., & Hendrik, Y. Y. C. (2020). Implementasi Belajar Dari Rumah (Bdr) Bagi Tenaga Pendidik Untuk Meningkatkan Profesionalitas Mengajar Di Daerah Terpencil. Prosiding Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (HAPEMAS 2), Hapemas 2, 359–367.
Lase, B., & Tafonao, T. (2021). Urgenitas Pengawasan Orang Tua Dalam Mendampingi Psikologi Anak Selama Belajar Daring Di Masa Pandemi. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 1(Juli), 15–27.
Lawrence, K. C., & Fakuade, O. V. (2021). Parental involvement, learning participation and online learning commitment of adolescent learners during the COVID-19 lockdown. Research in Learning Technology, 29(1063519), 1–16. https://doi.org/10.25304/rlt.v29.2544
McQuirter, R. L. (2020). Lessons on Change: Shifting to Online Teaching during COVID-19. Brock Education Journal, 29(2), 47. https://doi.org/10.26522/brocked.v29i2.840
Rasmitadila, Rusmiati, A. R., Reza, R., Achmad, S., Syaodih, E., Nurtanto, M., Sultan, A., Riana, A., & Tambunan, S. (2020). The perceptions of primary school teachers of online learning during the COVID-19 pandemic period : A Case study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90–109.
Revilda, E., Hadi, N., Hesti, J., & Purwasih, G. (2021). Dampak Belajar Dari Rumah. Naturalistic; Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 822–832.
Rofi’ah, R. (2021). Problematika Orang Tua Mendampingi Anak Saat Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 01(01), 52–57.
Sholikah, M., & Hanifa, U. (2021). Peran Orang Tua Dalam Membantu Belajar Anak di Masa. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 5(April), 5–14.
Wai-Cook, M. S. S. (2020). The Reality of Home-Based Learning During COVID-19: Roles of Parents, Teachers, and School Administration in Promoting Self-Directed Learning. Journal of School Administration Research and Development, 5(S2), 86–92.
Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705
View Counter: Abstract - 1369 and PDF - 359
Refbacks
- There are currently no refbacks.