Penerapan Model Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII D Di MTs Matholi’ul Huda Materi Struktur Dan Jaringan Tumbuhan

Irma Ulfaa, Dita Aulia Pratami

Abstract

Penerapan Picture And Picture dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas VIII D MTs Matholi’ul Huda Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Picture And Picture sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi struktur dan jaringan tumbuhan Untuk mengatasi masalah permasalahan diatas, peneliti bersama teman sejawat menerapkan model pembelajaran Picture And Picture. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan Model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal itu ditandai dengan ketuntasan siswa pada materi strukturr dan jaringan tumbuhan mengalami peningkatan dari pratindakan, siklus 1, dan siklus 2 dengan diterapkanya model picture and picture.

The application of Picture and Picture in improving Student Learning Outcomes of class VIII D MTs Matholi'ul Huda This study aims to determine the application of the Picture and Picture learning model so that it can improve student learning outcomes on the material structure and plant tissue. apply the Picture and Picture learning model. The form of research used is classroom action research. The results of this study indicate that the picture and picture learning model can improve student learning outcomes. This is indicated by the students' mastery in the structural material and plant tissue which has increased from pre-action, cycle 1, and cycle 2 with the application of the picture and picture model.

Keywords

Model Pembelajaran; Picture and picture; Hasil belajar

Full Text:

PDF

References

Anggraini, R., Wahyuni, S., & Lesmono, A. D. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Proses di SMAN 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 350-365.

Damayanti M dan Jirana. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 1 Tinambung. Saintifik, 4(1), 47-53.

Djamarah, S.B. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fidyawati, K; Al-Ghozali, M.D; Ami, M.S. (2020). Penggunaan Media LKS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik. Eduscope, 5(2), 81-84

Kusumawati, R.; Mulyati, D.; dan Al-Ghazali, M.I. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Dasar IPA Siswa Kelas IV SDN 1 Lurah. ARJI: Action Research Journal Indonesia, 2(4), 220-227.

Mansur, S., Raida, S. A., & Putra, S. H. J. (2021). Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Invertebrata. Journal of Biology Education, 4(1), 72-79.

Djafar, M. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture di Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Parepare. AL-ATHFAL: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 124-140.

Mulyasa, (2011). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sadikin, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture yang dipadukan Dengan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is a teacher here Terhadap Hasil Belajar Biologi. BIODIK, 6(4), 584-593.

Shoimin, A (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Sila, V. U. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas XI SMAN Miomaffo Tengah pada Materi Sistem Eksresi pada Manusia dengan Lembar Kerja Siswa sebagai Media Pembelajaran. BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1), 6-7.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu, Ed. 1. Cet. 5. Jakarta: Bumi Aksara.

Wulandari, S. S., & Suwoto, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Reproduksi Manusia pada Siswa Kelas 9h di SMP Negeri 10 Jember. Saintifika, 21(2), 76-81.


View Counter: Abstract - 1283 and PDF - 517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.