Efektivitas Model Problem Based Learning Bernuansa Budaya Lokal dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SD
Abstract
Kemampuan memahami bacaan siswa memengaruhi prestasi akademiknya. Rendahnya kemampuan siswa dalam memahami bacaan, salah satunya disebabkan penerapan metode pembelajaran konvensional. Upaya meningkatkan kemampuan siswa memahami bacaan, dengan menerapkam model problem based learning. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas model problem based learning bernuansa budaya lokal dalam meningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SD Negeri Gugus Sultan Nuku Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian ini mengambil populasi siswa SD kelas III Gugus Sultan Nuku Kecamatan Sukorejo. Sampel dipilih secara acak dengan Teknik Cluster Random Sampling. Siswa kelas III SDN Trimulyo sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas III SDN Mulyosari sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan tes. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 23. Data di analisis menggunakan uji paired sample t-test dan independent sample t-test (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model problem based learning bernuansa budaya lokal dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman, (2) model problem based learning bernuansa budaya lokal efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman.
Students' ability to understand various texts affects their academic achievement. One of the reasons for this low ability is the application of conventional learning methods. Therefore, other efforts must be made to improve this competency, one of which is by applying a problem-based learning model. This study aims to analyze the effectiveness of the problem-based learning model attached with local culture on improving the reading comprehension skills of third grade students of SD Negeri Gugus Sultan Nuku, Sukorejo Sub-district, Kendal. The type of research used is a quasi-experimental with a nonequivalent control group design. The research population consisted of third grade elementary school students in the Sultan Nuku Group, Sukorejo Sub-district. Samples were taken using the Cluster Random Sampling Technique. Third grade students of SDN Trimulyo as the experimental class and third grade students of SDN Mulyosari as the control class. Data collection techniques included interviews, observations, and tests. Data were processed using SPSS v23 and were then analyzed utilizing paired and independent sample t-tests. The results showed that (1) The problem based learning model with local culture can improve the reading comprehension skill, (2) The problem based learning model with local culture is effective in improving students’ reading comprehension skill.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, YZ. dan Saebani, BA. (2014). Pengantar Sistem Sosial Budaya di Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Agustina, B.V. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kecerdasan Emosional dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa SD Negeri di Kabupaten Ponorogo. Widyabastra. 09(1), 19-23.
Cahyo, A.N. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: Diva Press.
Febriyanto, B. (2019). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Dwija Cendekia: Riset, Pedagogik. 3(1), 11-22.
Happy, N., & Widjajanti, D. B. (2014). Keefektifan PBL Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis, serta Self-Esteem Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 48–57.
https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.2663.
Ismail, N. (2011). Konflik Umat Beragama dan Budaya Lokal. Bandung: Lubuk Agung.
Kemendikbud. (2014). Salinan Lampiran III Permendikbud RI No. 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah: Pedoman Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/ Madrsah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud.
Prihatini, A. (2015). Pengintegrasian Konten Budaya Lokal dalam Buku Tematik Pegangan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Lingua. 12(2), 173-186.
Priyatno, D. (2010). Teknik Mudah Dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian Dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Yogyakarta: Media Gaya
Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara. Cet. II.
Somadayo, S. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogtakarta: Graha Ilmu.
Sudarman. (2007). Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif. 2(2), 68-73.
Tarigan, H.G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Zare, P. (2013). The Relationship between Reading Comprehension and Reading Strategy Use among Malaysian ESL Learners. International Journal of Humanities and Social Science. 3(13), 1566.
View Counter: Abstract - 892 and PDF - 622
Refbacks
- There are currently no refbacks.