Peningkatan Hasil Belajar Tematik Berbagai Pekerjaan Melalui Model Pembelajaran Think Pairs Share Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Ngampel
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tematik Berbagai Pekerjaan melalui model pembelajaran Think Pairs Share pada siswa kelas IV Semester 1 SDN 2 Ngampel. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada kelas IV Semester 1 SDN 2 Ngampel dengan kondisi awal tingkat motivasi dan hasil belajar tematik Berbagai Pekerjaan masih rendah. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan menerapkan model pembelajaran Think Pairs Share materi tematik Berbagai Pekerjaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran think pair share dalam meningkatkan hasil belajar siswa tematik Berbagai Pekerjaan SDN 2 Ngampel Kecamatan Blora telah dilaksanakan dengan baik dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan dalam setiap siklus. Berdasarkan catatan peneliti selama penerapan model think pair didapat perolehan observasi siklus I tekait hasil belajar siswa mencapai 62,0, pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 74,0. Sedangkan siklus III hasil belajar siswa mencapai 90,0 Berdasarkan catatan peneliti selama penerapan model think pair didapat perolehan observasi siklus I tekait hasil belajar siswa mencapai 62,0, pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 74,0. Sedangkan siklus III hasil belajar siswa mencapai 90,0 Berdasarkan catatan peneliti selama penerapan model think pair didapat perolehan observasi siklus I tekait hasil belajar siswa mencapai 62,0, pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 74,0. Sedangkan siklus III hasil belajar siswa mencapai 90,0.
The purpose of this study was to improve the thematic learning outcomes of Various Jobs through the Think Pairs Share learning model for fourth grade students in Semester 1 SDN 2 Ngampel. This classroom action research was carried out in class IV Semester 1 SDN 2 Ngampel with the initial conditions being that the level of motivation and thematic learning outcomes of Various Jobs was still low. The type of research is classroom action research, which is carried out in 3 cycles. Each cycle consists of 4 steps, namely planning, implementing, observing and reflecting by applying the Think Pairs Share learning model to the thematic material of Various Jobs. The results showed that the application of the think pair share learning model in improving student learning outcomes thematically Various Works at SDN 2 Ngampel Blora District had been carried out well and effectively in improving student learning outcomes. This can be seen from the results of the study which showed an increase in each cycle. Based on the researcher's notes during the application of the think pair share model, the observations obtained in the first cycle of student learning outcomes reached 62.0, in the second cycle student learning outcomes reached 74.0. While the third cycle of student learning outcomes reached 90.0
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afoan, M. Y., Sepe, F., & DJalo, A. (2016). Efektivitas penerapan model pembelajaran think pair share (TPS) terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi sistem pernapasan manusia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 2054-2058.
Alfahmi, A. M. & Gunansyah, G. (2014). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di sekolah dasar. JPGSD, 2(2). 1-11.
Fathurrahman, P. dan Sutikno, S. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.
Hamdayama, Jumanata. 2014. Model dan metode pembelajaran kreatif dan berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia
Hanifah, N dan Suhana, C. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Hikmasari, P., Asih, T. S. N., & Prabowo, A. (2020). Bagaimanakah Audience Feedback Mempengaruhi Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah? Studi dalam PBL dengan Lingkungan Blended Learning. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 194-203.
Ibrahim, M. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tadjab, MA. (1994). Ilmu Pendidikan. Surabaya: Karya Abditama
Mulyadi. (1991). Psikologi Pendidikan, Malang: Biro Ilmiah, FT IAIN Sunan Ampel
Pardjono. (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penerbit UNY.
Rifa’I, A. & Lestari, H. P. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Spontaneous Group Discussion (SGD) Dengan Pendekatan Saintifik Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Kepercayaan Diri Siswa Kelas X MIA di MAN 1 Yogyakarta. Jurnal Pedagogi Matematika, 5(5), 1-12.
Rohani, A dan Ahmad, A. (1991). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Trianto. (2011). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi kontruktivisme. Surabaya: Prestasi pustaka
Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sardiman, A.M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja
Savitri, A., Sugiyanti, S., & Nizaruddin, N. (2020). Efektivitas model pembelajaran think pair share dan model pembelajaran pair checks terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Imajiner Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 51-57.
Sudjana, N. (2004). Dasar – Dasar Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Sugiharti, E. H. (2018). Efektivitas think pair share terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kemampuan awal. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matemarika Etnomatnesia.
Suryanita, N. M. A., Suryadi, M., & Suditha, I. N. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi, Kelas X A SMA Negeri 1 Bebandem, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 3(1), 10 pages.
Uno, B.H. (2007). Teori dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, MU. (1993). Upaya Optimalisasi kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
View Counter: Abstract - 108 and PDF - 98
Refbacks
- There are currently no refbacks.