Peningkatan Percaya Diri Dan Tanggung Jawab Guru SDN 2 Tambaksari Melalui Implementasi Piloting PembelajaranTatap Muka Progesif Masa Pandemi Covid 19

Djeni Purnawati

Abstract

Tujuan karya ilmiah ini adalah untuk meningkatkan percaya diri dan tanggung guru SDN 2 Tambaksari melalui implementasi piloting pembelajaran tatap muka progesip masa pandemi covid 19..Publikasi ilmiah ini dilaksanakan di  SDN 2 Tambaksari, Kecamatan Blora Kabupaten Blora. Situasi pandemi memberi pengaruh pada percaya diri dan tanggung jawab guru dalam pembelajaran..Data yang digunakandalam karya ilmiah adalah sumber data primer.Jenis Pendekatanyang dipakai adalah pendekatan Penelitian Tindakan Sekolah.Analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif komparatif dengan membandingkan nilai percaya diri dan tanggung jawab kondisi awal pembelajaran jarak jauh dengan kondisi pembelajaran tatap muka di sekolah.Hasil Penelitian yaitu dengan menerapkan ataui mplementasi piloting tatap muka secara progesip terbukti dapat meningkatkan percaya diri dan tanggung jawab Guru SDN 2 Tambaksari masa pandemic Covid 19.

The purpose of this research is to increase the confidence and responsibility of SDN 2 Tambaksari teachers through the implementation of face-to-face learning piloting the progress of the COVID-19 pandemic. This scientific publication was carried out at SDN 2 Tambaksari, Blora District, Blora Regency. The pandemic situation affects the teacher's confidence and responsibility in learning. The data used in this research are primary data sources. The type of approach used is the School Action Research approach. Data analysis used comparative descriptive analysis techniques by comparing the value of confidence and responsibility for the initial conditions of distance learning with face-to-face learning conditions in schools. The results of the study show that the application or implementation of progressive face-to-face piloting is proven to be able to increase the self-confidence and responsibility of Tambaksari 2 Elementary School Teachers during the Covid-19 pandemic.

Keywords

percaya diri; tanggung jawab; piloting pembelajaran tatap muka progesi; pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References

Astini, N.K.S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid 19. Lampuhyang, 11(2),13-25.

Depdikbud. (1993). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Febriana. (2016). Hubungan Antara Harga Diri dan Kepercayaan Diri. [Doctoral Dissertation]. Fakultas Fisiologi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 103 Tahun 2016 Tentang Standar Pada Pandidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2020). Pedoman Pelaksanaan Belajar Dari Rumah Selama Darurat Bencana Covid 19 di Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 Di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid 19). Jakarta: Kemendikbud.

Republik Indonesia. (2013), Undang- Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003

Siti, S; Rochintariati, D. Handiyanti, Y. (2004). Laporan Kegiatan Piloting. Bandung: FPMPA UPI

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (Covid 19) Pada Satuan Pendidikan.

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease ( Covid 19)

Surat Edaran Bupati Blora No 443.5/0086/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease ( Covid 19) di Kabupaten Blora

Tim GTK Kemendikbud RI. Panduan Pembelajaran di Era Kenormalan Baru.


View Counter: Abstract - 118 and PDF - 149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.