Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Keberagaman Sosial Budaya Masyarakat Melalui Metode Bernyanyi

Imroatin Daimah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa materi keberagaman sosial budaya masyarakat melalui metode bernyanyi bagi siswa kelas V SDN 2 Tambaksari semester II tahun pelajaran 2021/2022. Dalam Penelitian Tindakan Kelas ini terdapat dua siklus yang setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan sesuai yang direncanakan, pengamatan terhadap tindakan yang dilakukan, dan refleksi terhadap hasil pengamatan. Pengumpulan data melalui lembar observasi untuk mendapatkan tingkat keaktifan siswa dan lembar evaluasi untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan pendekatan komparatif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan Metode Bernyanyi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa tentang keberagaman sosial budaya masyarakat. Hal ini terbukti dari peningkatan hasil belajar siswa dari 59,55 pada kondisi pra siklus menjadi 80,82 pada akhir siklus II.

This study aims to increase students' motivation and learning outcomes regarding the socio-cultural diversity of the community through the singing method for the fifth-grade students of SDN 2 Tambaksari in the second semester of the 2021/2022 academic year. In this Classroom Action Research, there are two cycles, each cycle consisting of four stages including action planning, implementing the planned action, observing the actions taken, and reflecting on the results of the observations. Data collection through observation sheets for get the level of student activity and evaluation sheets to determine the improvement of student learning outcomes. The data obtained were analyzed descriptively qualitatively with a comparative approach. Research result shows that learning with the Singing Method can increase students' motivation and learning outcomes about social and cultural diversity. This is evident from the increase in student learning outcomes from 59.55 in the pre-cycle condition to 80.82 at the end of the second cycle.

Keywords

motivasi; hasil belajar; metode bernyanyi

Full Text:

PDF

References

Cholisin. (2000). Ilmu Kewarganegaraan. Yogyakarta: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan UNY.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rinneka Cipta.

Fadillah, M. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Hadis, A. (2006). Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Hamalik, O. (2008). Kurikulum Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Muliawan, J.U. (2016). Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Rahmahwildah. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Sq3r Pada Mata Pelajaran Pkn Materi Keberagaman Sosial Budaya Masyarakat Kelas V Mis Nurul Fadhilah Bandar Setia T.A 2017/2018. [Doctoral Dissertation] Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, UINSU.

Rahmawati, F. (2013). Penggunaan Metode Bernyanyi dalam Rangka Meningkatkan Motivasi Belajar pada Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Siswa Kelas I SD Ta’mirul Islam Surakarta. Doctoral Dissertation] Universitas Muhammadiyah Surakarta, UMS.

Rohani, A. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Rusman (2015) Pembelajaran Tematik Terpadu (Teori Praktik dan Penilaian). Jakarta: Rajawali Pers.

Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syarifuddin, T. (2009). Landasan Pendidikan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia.

Triatnasari, V. (2017). Penggunaan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas III B MIN II Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. [Doctoral Dissertation] Universitas Islam Negeri Radenintan Lampung, UIN Raden Intan Lampung.

Uno, H.B. (2010). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.


View Counter: Abstract - 236 and PDF - 206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.