Pemanfaatan Google Classroom dan Google Meet untuk Meningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Peserta Didik Kelas V SDN Kauman Blora

Lutfi Nur Anisa

Abstract

Dampak covid 19 yang paling berpengaruh di bidang pendidikan yaitu pembelajaran dilasanakan dalam jaringan (Daring). Dalam pembelajaran dalam jaringan terdapat banyak sekali kesulitan belajar yang dialami peserta didik terutama dalam pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah pemanfaatan Google Classroom dan Google Meet untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan peserta didik kelas V SDN Kauman Blora. Penelitian ini dilaksanakan melalui penelitian Tindakan kelas. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SDN Kauman yang berjumlah 39 peserta didik yang terdiri dari 22 peserta didik laki-laki dan 17 peserta didik perempuan. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan Teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik selalu meningkat pada setiap sklus. Pada kondisi awal rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 46,66. Pada siklus 1 rata-rata hasil belajar peserta didik mejadi 73,05 meningkat sebesar 43,30%, dan pada siklus 2 rata-rata hasil belajar peserta didik menjadi 89,72 meningkat sebesar 16,49%. Dengan demikian, pemanfaatan aplikasi Google Classroom dan Google Meet mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pecahan kelas V SDN Kauman Blora.

The most influential impact of Covid 19 in the field of education is that learning is carried out online. In online learning, there are many learning difficulties experienced by students, especially in mathematics. The purpose of this research is to use Google Classroom and Google Meet to improve the mathematics learning outcomes of fifth grade students at SDN Kauman Blora. This research was carried out through classroom action research. The research subjects were class IV students at SDN Kauman, totaling 39 students consisting of 22 male students and 17 female students. The research was conducted in 2 cycles. Data collection techniques used were tests, observations and field notes. The data analysis technique uses a qualitative descriptive technique. The results of the study show that student learning outcomes always increase in each cycle. In the initial conditions the average student learning outcomes was 46.66. In cycle 1, the average learning outcomes of students became 73.05, an increase of 43.30%, and in cycle 2, the average learning outcomes of students became 89.72, an increase of 16.49%. Thus, the use of the Google Classroom and Google Meet applications can improve student learning outcomes in class V SDN Kauman Blora material.

Keywords

Google Classroom; Google Meet; hasil belajar

Full Text:

PDF

References

Aryani, D., Malabay, M., Ariessanti, H. D., & Putra, S. D. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Google Classroom untuk Mendukung Kegiatan Pembelajaran Daring saat Pandemi COVID 19 di SMPIT Insan Rabbani. Jurnal Abdidas, 1(5), 373–378. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i5.67

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561.

https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514

Hamidy, A. (2021). Zoom Meeting vs Google Classroom : Perbedaan Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Platform Pembelajaran Daring. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 61–68.

Huzaimah, P. Z., & Risma, A. (2021). Hambatan yang dialami siswa dalam pembelajaran daring matematika pada masa pandemi covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 533–541.

Sukawati, S. (2021). Pemanfaatan Zoom Meeting dan Google Classroom dalam Mata Kuliah Inovasi Pembelajaran berbasis Lesson Study. Semantik, 10(1), 45–54. https://doi.org/10.22460/semantik.v10i1.p45-54

Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.252

Wahyuniar, L. S., Rochana, S., Mahdiyah, U., Shofia, N., & Widodo, S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Dengan Google Classrom dan Google Meet Terhadap Minat Belajar Matematika Diskrit. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 6.


View Counter: Abstract - 176 and PDF - 116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.